Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes di Karimun Capai 96,8 Persen, Tertinggi se-Kepri

Vaksinasi Covid-19 untuk Nakes di Karimun Capai 96,8 Persen, Tertinggi se-Kepri

Ilustrasi.

Karimun - Vaksinasi Covid-19 pada tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, telah mencapai 96,8 persen.

Persentase itu, berdasarkan jumlah Nekes yang telah di suntik vaksin sejak 30 Januari 2021 lalu, yaitu sebanyak 1.499 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Karimun, Rachmadi mengatakan, untuk di Kabupaten Karimun ada sebanyak 2.021 orang Nakes.

"Penerima vaksin tahap awal dan hingga hari ini tercatat sebanyak 1.499 Nakes telah menerima penyuntikkan vaksin ini," ujar Rachmadi, Sabtu (13/2/2021).

Lalu, diketahui ada sebanyak 458 orang Nekas tidak bisa divaksinasi Covid-19, dengan berbagai alasan kesehatan.

Dimana, para Nekas itu tidak lolos dalam proses screening oleh tim vaksinator Covid-19.

"458 Nakes dinyatakan batal sebagai penerima vaksin," katanya.

Meskipun belum menerima vaksin, disebutkan Rachmadi bahwa berdasarkan aturan terbaru terkait kriteria penerima vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ratusan Nakes itu di screening kembali pada vaksinasi tahap selanjutnya.

"Ada aturan terbaru yang mentoleransi penerima vaksin ini, seperti bagi penerima yang mengalami Hipertensi sebelumnya dibatasi 140 per 92 sekarang naik, kemudian pengidap diabetes sekarang diperbolehkan selagi tidak ada komplikasi yang akut, begitu juga usia 60 keatas sekarang diperbolehkan," ucap Rachmadi.

Diketahui, Kabupaten Karimun masuk dalam kategori tertinggi dalam pemberian vaksin Covid-19 pada Tenaga Kesehatan.

"Sudah 96,8 persen persen Nakes kita menerima vaksin dan ini menjadi persentase tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau," katanya. 

(aha)