Harapan Warga Tionghoa Bintan Sambut Tahun Kerbau Logam di Tengah Pandemi

Harapan Warga Tionghoa Bintan Sambut Tahun Kerbau Logam di Tengah Pandemi

Suasana Vihara Bhakti Sasana, Kijang, Kabupaten Bintan saat perayaan Imlek 2572 , Jumat (12/2/2021). (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Warga keturunan Tionghoa di Kecamatan Bintan Timur tampak melaksanakan ibadah sembahyang Hari Raya Imlek 2572 di Vihara Bhakti Sasana, Jalan Berdikari, Kijang Kota, Jumat (12/2/2021). Pelaksanaan ibadah dijaga sejumlah petugas kepolisian.

Tampak pelaksanaan ibadah ini dengan protokol kesehatan (prokes). Sebelum masuk, satu persatu dari mereka dicek suhu tubuhnya lalu mencuci tangan dan jaga jarak dalam melaksanakan sembahyang. 

Salah seorang warga, Meli mengaku sudah melaksanakan ibadah bersama keluarganya. Hal seperti ini dilakukan setiap tahunnya karena sudah menjadi tradisi adat dari leluhurnya sebagai wujud rasa syukur. "Setiap Imlek kami sekeluarga pasti sembahyang di Vihara Bhakti Sasana," katanya.

Biasanya, kata Meli, warga Tionghoa yang ibadah di sini sangat ramai. Bahkan sangat padat. Namun sekarang sedikit berkurang dikarenakan pandemi covid-19. Kemudian juga tidak boleh ada keramaian karena demi kesehatan bersama agar tidak tertular virus.

Dia hanya bisa berdoa dan berharap agar yang Maha Kuasa selalu memberikan keselamatan, kesehatan, dan keberkahan bagi semuanya. "Habis sembahyang kami juga langsung pulang karena tidak boleh ada kerumunan. Kita ikutin aturan dari pemerintah lah," katanya.

Salah satu penjaga Vihara Bakti Sasana, Ahong menjelaskan sembahyang sudah dilaksanakan sejak Kamis (11/2/2021) malam dan sampai saat ini Jumat (12/2/2021). "Dari Jam 22.00 WIB semalam sampai perayaan Imlek hari ini," sebutnya.

Untuk sembahyang memang dilakukan sampai hari ini. Semuanya dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah yaitu dengan menerapkan prokes. Sedangkan besok dan seterusnya merayakan Imlek dengan membuat acara di rumah. Yaitu kunjung mengunjungi sanak keluarga.

"Sekarang lagi Corona jadi tidak ada acara seperti tahun lalu yang bebas berkumpul dan kemana-mana," jelasnya.

Dia berharap di Tahun Shio Kerbau segala rejeki dan lainnya menjadi lebih baik dibandingkan sebelum-sebelumnya. Tentunya keinginan utama adalah pandemi Covid-19 ini bisa segera berakhir. "Semoga masyarakat di Bintan sehat selalu dan terhindar dari Covid-19," ucapnya.

Terpisah, Kapolres Bintan, AKBP Bambang Sugihartono, mengatakan pelaksanaan ibadah dan perayaan Imlek 2572 ini Bintan berjalan aman, lancar dan kondusif.

"Seluruh vihara dan kelenteng di jaga oleh polisi. Jadi semuanya berjalan kondusif," katanya.

Perayaan Imlek tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karna saat ini berada dalam kondisi pandemi covid-19. Tentunya segala aktivitas harus mematuhi prokes.

Kapolres mengatakan pihaknya sudah mengimbau kepada penanggungjawab vihara maupun klenteng agar tidak mengadakan pesta kembang api maupun seremonial seperti tahun-tahun sebelumnya. Apalagi kasus penularan Covid-19 saat ini masih terus terjadi.

"Kita inginkan perayaan Imlek tahun ini dapat tetap terlaksana dengan penuh kasih dan membawa kebahagian bagi masyarakat yang merayakan. Tapi tetap patuhi prokes agar disaat yang bebahagia ini tidak menjadikan klaster baru di Kabupaten Bintan," sebutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews