Gubernur Kepri Imbau Perayaan Imlek 2572 Digelar Sederhana

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Pelaksana harian (Plh) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Arif Fadillah mengimbau masyarakat yang merayakan Imlek tahun 2021 tetap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Perayaan Imlek hendaknya digelar secara sederhana dan tak perlu berlebihan, mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Perayaan Imlek di tengah suasana pandemi saat ini tidak perlu diisi dengan kegiatan keramaian dan berkumpul, karena hal itu dapat memicu penularan Covid-19," kata Arif di Tanjungpinang, Jumat (12/2/2021). 

Arif  mengharapkan sebaiknya masyarakat merayakan Imlek di rumah bersama keluarga dan tidak melakukan kunjungan silaturahmi dari rumah ke rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.  

"Dengan perayaan Imlek ini, kita sama-sama berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir, dan kita semua dapat hidup dengan normal seperti sebelum ada wabah ini," ujarnya. 

Mantan Sekda Kabupaten Karimun ini juga melarang seluruh ASN di lingkungan Pemprov Kepri untuk mengisi liburan Imlek dengan bepergian ke luar kota. 

Larangan tersebut berdasarkan surat edaran (SE) Menpan-RB tentang ASN dilarang bepergian saat Imlek. 

"Bila ada yang melanggar SE tersebut dan sesuai dengan ketentuanbl yang berlaku, maka akan dikenai sanksi hukuman disiplin. Aturan ini sudah jelas dan tegas melarang bagi ASN bepergian di masa pendemi Covid-19 ini," tegas Arif.

(sut)