Klenteng di Natuna Bersolek Sambut Tahun Baru Imlek

Klenteng di Natuna Bersolek Sambut Tahun Baru Imlek

Lampion menghiasi setiap sudut Klenteng Fu Tek Chi di Kampung Tua Penagi, Natuna (Foto:Yanto/Batamnews)

Natuna - Klenteng Fu Tek Chi di Kampung Tua Penagi, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), bersolek sambut perayaan Tahun Baru Imlek 2572. Ornamen khas seperti lampion telah dipasang dan digantung sedemikian rupa di depan hingga sudut-sudut klenteng.

Meskipun perayaan Imlek kali ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19, antusiasme warga Tionghoa di Natuna untuk tetap merayakan tahun baru ini tak pernah padam. Walaupun hanya dirayakan dengan sederhana, tak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Salah seorang tokoh keturunan Tionghoa yang sekaligus juga Anggota DPRD Natuna, Eryandy mengatakan, di tahun kerbau logam ini teriring doa bagi masyarakat Kabupaten Natuna agar diberikan keberuntungan, kesuksesan, hingga kebahagiaan.

"Gong Xi Fa Cai 2572, Selamat Merayakan Imlek 2021," ucapnya kepada Batamnews, Kamis (11/2/2021) malam.

Eryandy menilai, meskipun diperingati di tengah pandemi Covid-19, euforia masyarakat Tionghoa Natuna untuk tetap memeriahkan Tahun Baru Imlek kali ini tak pernah surut.

Ia menjelaskan, biasanya persiapan menyambut perayaan Tahun Baru Imlek ini dilaksanakan warga Tionghoa bersama dengan warga Penagi lainnya. Bahkan, warga yang beragama muslim dan nasrani juga ikut membantu.

Hal ini menurutnya mencerminkan toleransi kerukunan antar umat beragama yang masih terjaga di Kabupaten Natuna.

"Untuk perayaan Imlek sendiri tentunya tetap kita laksanakan sesuai protokol kesehatan. Semoga wabah Covid-19 segera berlalu sehingga keadaan kembali normal seperti sedia kala," harap Eryandy.

Sebagaimana diketahui, Kampung Tua Penagi selalu menjadi pusat kegiatan dalam rangka Tahun Baru Imlek, dimana biasanya warga Tionghoa melakukan rangkaian kegiatan menjelang dan ketika hari Imlek tiba, seperti sembahyang, dan ritual lainya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews