Sehari 29 Warga Positif Corona di Bintan, Klaster Ponpes hingga KPLP

Sehari 29 Warga Positif Corona di Bintan, Klaster Ponpes hingga KPLP

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Bintan - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), mendapati 29 orang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam sehari, pada Minggu (7/2/2021).

Sebanyak 26 orang diantaranya berasal dari Klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaus Sholihin Tanjunguban dan KPLP Tanjunguban. Sedang 3 lainnya akibat berkontak erat dengan pasien sebelumnya.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan, mereka bisa positif Covid-19 dikarenakan tertular daro orang terdekat yang juga terpapar virus tersebut.

"Mereka berasal dari Klaster Ponpes Mambaus Sholihin Tanjunguban sebanyak 15 orang, Klaster KPLP Tanjunguban sebanyak 11 orang dan 3 orang lagi berkontak erat dengan pasien positif sebelumnya," ujar Gama, Senin (8/2/2021).

Untuk 15 orang dari Klaster Ponpes Tanjunguban ini semuanya merupakan santriwati. Mereka adalah pasien positif Covid-19 dari kasus ke 569 sampai dengan kasus ke 584.

Klaster ini terjadi dikarenakan belasan orang tersebut tertular dari seorang perempuan berinisial HFA. Gadis ini mengalami sakit dengan gejala batuk, flu dan anosmia.

Kemudian diambil swabnya dan dites PCR dengan hasilnya positif Covid-19 pada awal Februari lalu dan ditetapkan sebagai pasien kasus ke 534.

"Jadi 15 perempuan berusia 12-18 tahun itu tertular dari rekannya juga yang terlebih dahulu terpapar virus yaitu HFA. Kini 15 santriwati itu melakukan isolasi di LPMP Kepri di Ceruk Ijuk sedangkan HFA isolasi mandiri di rumahnya," jelas Gama.

Sementara 11 orang dari Klaster KPLP Tanjunguban yang baru ini, dikarenakan berkontak erat dengan rekannya yang terlebih dahulu terpapar. Namun sebagian besar tertular saat melakukan pelayaran dari Batam dan Dumai pada 26 Januari-2 Februari.

Sedangkan 3 orang diluar klaster tersebut, 2 diantaranya merupakan wanita berusia 37 dan 38 yang tertular dari orang yang sama yaitu pasien atas nama El. Lalu 1 orang lagi masih berstatus pelajar dan dia berkontak erat dengan orang tak dikenal.

"Untuk Klaster KPLP menjalani isolasi secara mandiri di mess dan 3 orang diluar klaster menjalani isolasi secara mandiri di rumah," katanya.

Hingga saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 584 orang. Dari total tersebut sebanyak 510 orang berhasil sembuh dan 13 orang meninggal dunia. Sehingga tinggal 61 orang lagi yang menjalani isolasi.

(ary)
Komentar Via Facebook :