Alasan Kesehatan, Bupati Karimun Urung Disuntik Vaksin Covid-19

Alasan Kesehatan, Bupati Karimun Urung Disuntik Vaksin Covid-19

Bupati Karimun Aunur Rafiq.

Karimun - Vaksinasi Covid-19 perdana dimulai di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau. Proses vaksinasi dilakukan di RSUD HM Sani, Karimun pada Sabtu (30/1/2021).

Sejumlah pejabat teras Karimun, bersama tenaga medis dan tokoh masyarakat menerima suntikan vaksin Covid-19. Namun hal itu tidak bagi Bupati Aunur Rafiq.

Dia mengungkapkan alasan dirinya tidak disuntik vaksin Covid-19 lantaran kondisi kesehatan yang tak memungkinkan.

"Untuk diri saya, saya berkeinginan sama dan sebagai pejabat publik, tetapi screening saya tidak memungkinkan karena ada penyakit yang terdeteksi yaitu hipertensi," kata Rafiq.

Rafiq berkeinginan, ke depan pemerintah pusat dapat menemukan terobosan baru mengenai vaksinasi, sehingga dirinya dan orang yang mengidap penyakit dapat divaksinasi.

"Tentunya kita menunggu petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat, mungkin ada ditemukan nanti vaksin yang cocok untuk orang hipertensi, maupun untuk yang usianya diatas 59 tahun," kata Rafiq.

Tidak hanya Bupati Karimun, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim juga tidak bisa divaksinasi karena umur, lalu sejumlah pejabat lainnya juga tidak lolos pada screening kesehatan.

Namun demikian, Rafiq juga berharap bahwa untuk vaksinasi yang akan dilakukan saat ini di Kabupaten Karimun, dapat berjalan dengan baik.

"Program vaksinasi yang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik. Dapat menekan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karimun, dan tingkat imunitas masyarakat Karimun dapat naik dengan vaksinasi ini," kata Rafiq.

(aha)