Kampung Tangguh Seligi, Upaya Menjaga Optimisme Warga Karimun saat Pandemi

Kampung Tangguh Seligi, Upaya Menjaga Optimisme Warga Karimun saat Pandemi

Kapolres AKBP Muhammad Adenan bersama instansi terkait meninjau Kampung Tangguh Seligi di Karimun. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Berbagai cara ditempuh untuk tetap menumbuhkan optimisme warga di tengah pandemi Covid-19, khususnya menyangkut sisi sosial dan ekonomi.

Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan membentuk Kampung Tangguh. Seperti di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, terbentuk Kampung Tangguh Seligi yang difasilitasi kepolisian.

Di Kampung Tangguh Seligi, dikembangkan sektor pertanian dan perikanan dengan tujuan menjaga ketahanan pangan dan peningkatan perekonomian.

"Kampung Tangguh Seligi ini merupakan program pemerintah dalam upaya menjaga ketahanan pangan masyarakat pada masa pandemi Covid-19," kata Kapolres Karimun, AKBP Muhammad Adenan, Jumat (29/1/2021).

Setiap kecamatan di wilayah Kabupaten Karimun, diminta untuk membuat kampung tangguh, dengan pengawasan pihak kepolisian dan unsur pemerintah.

Kampung Tangguh Seligi merupakan salah satu program Pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 serta membantu mengatasi dampak sosial yang timbul.

"Hal ini dinilai berperan penting dalam menekan penyebaran virus Covid-19, dan juga menguatkan pemberdayaan masyarakat di wilayah perdesaan," ucap Adenan.

Setiap Kampung Tangguh Seligi juga dilakukan penilaian oleh Pemerintah Daerah, serta unsur dari TNI Polri.

Setiap fasilitas yang ada di Kampung Tangguh ditinjau satu persatu oleh tim penilai. Seperti cek poin, Lumbung Pangan, Tanaman obat Keluarga, Posko Informasi Ruang Karantina dan tempat evakuasi serta ketahanan pangan berupa tanaman singkong, jagung dan budidaya ikan lele dan lainnya.

"Dengan adanya Kampung Tangguh Seligi ini, setidaknya kemampuan masyarakat dalam peningkatan SDM guna mendukung perekomian di bidang pertanian, perkebunan, perikanan hingga usaha lainnya, mampu mendukung kemajuan kampung," kata Adenan.
 

(aha)