Petani Karimun Dapat Kartu Tani, Beli Pupuk Subsidi Bisa Lebih Mudah

Petani Karimun Dapat Kartu Tani, Beli Pupuk Subsidi Bisa Lebih Mudah

Bupati Karimun menyerahkan secara simbolis kartu tani kepada para petani (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Sebanyak 582 kartu tano dibagikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq kepada para petani di Kecamatan Kundur dan juga Pulau Karimun Besar. Penyerahan kartu ini sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas petani setempat.

"Kartu tani yang kita serahkan sebanyak 582 kartu, dengan rincian 526 untuk petani di Pulau Kundur dan 56 kartu untuk petani di Pulau Karimun Besar," kata Rafiq.

Ia menjelaskan, kartu tani tersebut dapat untuk mengakses jual beli para petani kepada rekanan yang bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

"Bank BRI dipilih pemerintah sebagai penyalur kredit, simpan pinjam dan pembelian pupuk subsidi bagi para petani melalui kartu tani ini," ujarnya.

Oleh karena itu, Rafiq berharap dengan adanya kartu tani ditangan para petani dapat meningkatkan produktivitas pertanian dalam menjaga ketahanan pangan di tengah masyarakat.

"Diharap ini dapat meningkatkan produktivitas para petani, agar keberlangsungan pertanian dapat berjalan dengan baik," harap Bupati.

Sementara itu, Kepala Cabang BRI Karimun, Rahmat Utomo menjelaskan, salah satu kegunaan kartu tersebut adalah untuk proses jual beli pupuk subsidi.

Kata dia, subsidi itu akan langsung masuk ke rekening petani itu sendiri dengan proses jual beli melalui lima agen yang sudah ditentukan oleh pihaknya.

"Untuk memudahkan pembayarannya secara elektronik itu nanti bisa lewat EDC. Jadi, dapat mengurangi resiko kalau membawa uang," ujar Rahmat.

Dengan adanya bantuan subsidi bagi para perani di Karimun, dapat meringankan pengadaan pupuk ditengah pandemi Covid-19 saat ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews