Begini Situasi Terkini Penerbangan dari Batam ke Sumatera

Begini Situasi Terkini Penerbangan dari Batam ke Sumatera

Taksi Bandara Hang Nadim menunggu kedatangan penumpang. (Foto: Alfi)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Penerbangan dari Batam tujuan Jambi, Pekanbaru, Padang, dan Medan masih belum normal meskipun kondisi di Bandara Hang Nadim Batam tidak lagi terganggu asap kiriman.

"Secara umum penerbangan dari Hang Nadim sudah lancar kecuali ke Jambi, Pekanbaru, Padang, dan Medan yang memang masih terkendala," kata Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso di Batam, Jumat seperti dilansir dari Antara.

Ia mengatakan jarak pandang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah normal pascahujan deras yang mengguyur sepanjang Jumat dinihari.

Namun, penerbangan maskapai Lion Air dari Jambi dan Pekanbaru dan sebaliknya masih batal karena gangguan asap pekat akibat kebakaran lahan dan hutan yang belum teratasi.

Selain itu, penerbangan Citilink dari Padang Sumatera Barat, Jambi dan Pekanbaru juga masih batal dengan alasan serupa.

"Sementara itu Sriwijaya Air dari Jambi, Pekanbaru, dan Medan juga belum bisa dilayani. Akibat pesawat dari Jambi belum bisa diterbangkan ke Batam untuk selanjutnya ke Medan dan Pekanbaru," kata Suwarso.

Awalnya, kata dia, dalam beberapa hari terakhir kondisi di Bandara Internasional Hang Nadim Batam juga terganggu akibat asap pekat sehingga jarak pandang sempat turun menjadi 350 meter.

"Kali ini semua karena gangguan pada bandara tujuan. Bukan gangguan karena asap yang menyelimuti Hang Nadim Batam lagi," kata dia.

Untuk penerbangan lain dari Batam ke Palembang, Bengkulu, Pontianak, Jakarta, Surabaya yang awalnya juga sempat terganggu sudah mulai lancar.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang menjadi penghubung (hub) utama Lion Air dan Citilink untuk Indonesia bagian barat rentan mengalami gangguan berupa pembatalan dan penundaan jika bandara-bandara di Sumatera diselimuti asap pekat.

 

[snw]

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews