https://www.batamnews.co.id

Pandemi Corona Bikin Jepang Gamang Gelar Olimpiade 2021

Ilustrasi. (Foto: Enterpreneur)

Tokyo - Pemerintah Jepang disebut bersiap membatalkan ajang Olimpiade Tokyo akibat pandemi virus Corona dan fokus pada pencalonan tuan rumah pada 2032 mendatang.

The Times, mengutip pernyataan tak resmi itu dari seorang politikus senior yang tidak disebutkan namanya dari koalisi yang berkuasa.

Jepang terkena pandemi yang lebih parah daripada banyak negara maju lainnya, tetapi lonjakan kasus baru-baru ini telah mendorongnya untuk menutup perbatasannya untuk orang asing non-residen dan mengumumkan keadaan darurat di Tokyo dan kota-kota besar.

Sekitar 80% orang di Jepang tidak ingin Olimpiade diadakan musim panas ini. Jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan, karena kekhawatiran masuknya atlet akan menyebarkan virus lebih jauh.

Dengan latar belakang tersebut, pemerintah sedang mencari cara untuk menyelamatkan muka dengan mengumumkan pembatalan yang membuat pintu terbuka untuk Tokyo hosting di kemudian hari, kata laporan The Times.

"Tidak ada yang ingin menjadi yang pertama mengatakannya tetapi konsensusnya adalah bahwa itu terlalu sulit, Secara pribadi, saya tidak berpikir itu akan terjadi."

Penyelenggara Olimpiade tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan tersebut. Mereka dan pemerintah Jepang sebelumnya telah berjanji untuk melanjutkan persiapan untuk Olimpiade, yang dijadwalkan dibuka pada 23 Juli.

Perdana Menteri Yoshihide Suga pekan ini mengatakan acara pameran itu akan "membawa harapan dan keberanian bagi dunia."

Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach menegaskan kembali komitmennya untuk menyelenggarakan Olimpiade tahun ini dalam wawancara dengan Kyodo News pada hari Kamis.

"Kami pada saat ini, tidak ada alasan apapun untuk percaya bahwa Olimpiade di Tokyo tidak akan dibuka pada tanggal 23 Juli di stadion Olimpiade di Tokyo," kata Bach kepada Kyodo.

(gea)