Waduh, Dua Orang Bunuh Diri Setiap Hari di Malaysia

Waduh, Dua Orang Bunuh Diri Setiap Hari di Malaysia

Ilustrasi. (foto:ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Kuala Lumpur - Kasus bunuh diri di negeri jiran, Malaysia, menunjukkan kecenderungan yang meningkat. Rata-rata, terjadi antara satu hingga dua kasus terjadi setiap hari.

Angka tersebut didasarkan pada statistik bunuh diri nasional Malaysia pada 2008-2010 yang mencatat ada 1.100 kasus bunuh diri dilaporkan dalam tempo tiga tahun. Mengenai detailnya, kalangan lelaki tercatat lebih banyak melakukan aksi tersebut dibandingkan perempuan dengan nisbah dua banding satu.

Ketua Pengarah Kesehatan Datuk Dr Noor Hisham Abdullah seperti dikutip media lokal di Kuala Lumpur, Jumat (2/10/2015), mengatakan, angka statistik tersebut hanya didasarkan pada kasus yang diautopsi. Angka sebenarnya pada kasus bunuh diri, kata dia, kemungkinan lebih tinggi.
.
Noor Hisham mengatakan, faktor penyebab seseorang melakukan bunuh diri adalah depresi, penyalahgunaan narkoba, masalah keuangan, dan konflik hubungan seperti perceraian atau putus cinta.

"Cara bunuh diri yang semakin populer saat ini adalah dengan menggunakan gas karbon monoksida selain menggantung diri, terjun dari bangunan tinggi dan minum racun," katanya.

Berdasar data Pusat Informasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan, dalam periode 2010-2014 tercatat 338 kematian dilaporkan akibat perbuatan mencederakan diri. Pada catatan itu, disebutkan bahwa jumlah lelaki lebih banyak dari pada perempuan. Sementara umur pelaku bunuh diri sekira 25 hingga 44 tahun.

Selain itu, kata dia, Kajian Kesehatan dan Mobilitas Nasional pada 2011 menunjukkan bahwa persentase ide bunuh diri di kalangan masyarakat dewasa Malaysia adalah 1,7 persen, rencana bunuh diri 0,9 persen, dan percobaan bunuh diri sebanyak 0,5 persen.

"Kajian tersebut juga menunjukkan, risiko tingkah laku bunuh diri lebih tinggi di kalangan mereka yang berumur 16 hingga 24 tahun yang terdiri atas golongan wanita keturunan India," pungkasnya.

(ind/okz/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews