Konsekuensi Jika Anda Tidak Setuju Serahkan Data WhatsApp ke Facebook

Konsekuensi Jika Anda Tidak Setuju Serahkan Data WhatsApp ke Facebook

Ilustrasi.

Jakarta - WhatsApp mengeluarkan pengumuman kebijakan privasi baru di platform-nya ke pengguna. WhatsApp akan berbagi data penggunanya ke Facebook, selaku perusahaan induk. 

Urusan berbagi data ini, WhatsApp mengatakan bahwa sejatinya mereka telah membagikan sejumlah data terbatas kepada Facebook sejak lima tahun lalu. 

"Sejak 2016, WhatsApp telah membagikan sejumlah data terbatas dengan Facebook di ranah backend, khususnya untuk kebutuhan infrastruktur. Tidak ada perubahan baru di update kebijakan ini," jelas WhatsApp dilansir kumparan, Selasa (12/1/2021).

Bagaimana nasib pengguna yang tidak setuju kebijakan baru WhatsApp?

WhatsApp menegaskan pengguna tidak bisa lanjut menggunakan layanan mereka, jika tidak menyetujui kebijakan privasi yang baru ini.  

Namun, akun WhatsApp masih akan tetap aktif, sehingga pengguna dapat memilih untuk menyetujui update ini di kemudian hari.  

Artinya, mau tidak mau pengguna harus menekan tombol setuju (agree) saat muncul notifikasi kebijakan WhatsApp yang baru. Sementara, bagi Anda yang memilih menunda (not now), akan diberi waktu untuk memikirkan pilihannya sampai 8 Februari 2021. 

WhatsApp tidak akan menghapus akun pengguna, jika melewati tanggal 8 Februari mendatang. Namun, layanan WhatsApp mereka tidak bisa digunakan sebelum menyetujui kebijakan privasi baru yang diberikan. 

Soal kebijakan privasi yang baru ini, adalah fokus WhatsApp pada perpesanan bisnis dan tidak memengaruhi percakapan personal maupun privat di luar konteks bisnis tersebut. Semua percakapan WhatsApp masih akan terenkripsi end-to-end. WhatsApp maupun Facebook tidak bisa mengaksesnya. 

Platform WhatsApp ingin penggunaannya jelas bahwa pengguna WhatsApp Business kini dapat menggunakan infrastruktur hosting Facebook untuk chat WhatsApp-nya. Artinya, percakapan dengan pengguna WhatsApp Business dapat disimpan di server Facebook.  

Penggunalah yang menentukan bagaimana mereka menggunakan atau membagikan informasi tersebut. Pengguna masih bebas memilih, apakah mereka mau berinteraksi dengan pengguna WhatsApp Business tersebut atau tidak. 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews