Bangku-bangku Sekolah di Bintan Rusak Terendam Banjir

Bangku-bangku Sekolah di Bintan Rusak Terendam Banjir

Foto: Ary/Batamnews

Bintan - Banjir menggenangi sejumlah fasilitas publik di Kabupaten Bintan, saat hujan deras pada Sabtu (2/1/2021) dan Minggu (3/1/2021). Tercatat sebanyak tujuh sekolah di empat kecamatan tergenang air setinggi betis orang dewasa.

Dinas Pendidikan melaporkan bangunan sekolah yang kebanjiran yakni SDN 010 Kijang Kota, SDN 003 Toapaya Utara, SDN 005 Tanjunguban. Kemudian SD Kristen Calisa Tanjunguban dan SDN 002 Sebong Pereh.

Sekolah lainnya SDN 009 Lancang Kuning, dan SDN 001 Toapaya Asri.

Kadisdik Bintan, Tamsir mengatakan, fasilitas sekolah mengalami kerusakan akibat banjir.

"Kalau kerusakan bangunan yang parah tidak ada. Hanya sarana dan prasarana belajar yang rusak seperti meja, buku dan lainnya. Itu semua sekolahan di jenjang SD kalau untuk SMP tidak ada yang terkena banjir maupun tanah longsor," ujar Tamsir, Senin (4/1/2021).

Tiga sekolah yang dilaporkan mengalami kerusakan mebeler yakni SDN 010 Bintan Timur, SDN 003 Toapaya dan SDN 005 Bintan Utara.

Air yang merendam setinggi 1,2 meter itu membuat seluruh buku pegangan siswa di 3 sekolahan itu basah dan rusak. Kemudian meja guru rusak dan tak dapat dipergunakan lagi.

"Banjir setinggi hampir 1,2 meter itu membuat seluruh buku, meja dan alat belajar lainnya rusak total. Sehingga barang-barang tersebut tak dapat dipergunakan lagi," jelasnya.

Disdik Bintan telah berkoordinasi dengan masing-masing kepsek menginventarisir sarana dan prasarana belajar yang rusak.

Bagi sekolah yang terdampak banjir, dia meminta agar guru dan komite untuk bergotong royong membersihkan lingkungan sekolah masing-masing.

Disdik mengimbau seluruh kepsek dan guru serta para orangtua agar terus waspada, karena curah hujan masih tinggi untuk beberapa hari kedepan.

"Untuk kebutuhan sarana belajar yang rusak seperti buku akan dimaksimalkan penggunaan Dana BOS. Begitu juga lainnya yang kerusakannya tidak parah akan diatasi melalui Dana BOS," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews