https://www.batamnews.co.id

Hujan Deras Awal Tahun Bikin Sejumlah Wilayah di Lingga Banjir

Halaman Kantor Desa Persiapan Senempek digenangi air laut yang bercampur dengan air hujan tadi pagi (Foto:istimewa)

Lingga - Hujan deras disertai angin kencang menerpa Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri), sejak Jumat (1/1/2021) dini hari tadi. Akibatnya, hujan yang masih berlangsung hingga sore itu menyebabkan sejumlah wilayah tergenang.

Pantauan Batamnews disejumlah akun media sosial (Medsos) Facebook serta WhatsApp grub, beberapa akun memposting banjir yang terjadi di daerah mereka di awal Januari 2021 ini.

Seperti hal nya akun Facebook Panggak Laut. Dalam postingan tersebut memperlihatkan puluhan foto Desa Panggak Laut, Kecamatan Lingga, yang terendam air hingga ke jalan raya yang diakibatkan hujan deras serta air laut pasang.

"Air laut bertemu dengan air darat make seperti ini jadinye. Sebagian masyarakat memanfaatkan air kojoh (banjir) untuk membersihkan perkarangan rumah. Dapat kite tenggok sebagian fasilitas umum yang ade di Dese Panggak Laut Terendam air," demikian tulis caption postingan akun Panggak Laut yang telah diposting sekitar 4 jam lalu tersebut.

Dalam postingan itu terlihat beberapa fasilitas yang ada di Desa Panggak Laut tergenang air. Mulai dari Sekolah Paud, pekarangan masjid, jalan raya, halaman rumah warga, sekolah dasar, bahkan warung warga juga tak luput dari genangan air.

Akun Facebook lainnya yakni, Bunda Sadali yang diketahui merupakan istri dari Kepala Desa Limbung, Kecamatan Lingga Utara, Andi Mulya juga memposting kondisi di Desa Persiapan Senempek, yang juga digenangi oleh air laut yang bercampur dengan air hujan.

"Hari pertama di awal tahun," demikian tulis akun Bunda Sadali yang disertai dengan beberapa foto kondisi di Desa Persiapan Senempek.

Sama hal nya dengan kondisi di Desa Panggak Laut, di Senempek air juga menggenangi halaman Sekolah Dasar, Kantor Desa, Masjid, bahkan jalan-jalan setapak dari rumah ke rumah warga diselimuti air.

Tak hanya itu, di Ibu Kota Kabupaten Lingga, tepatnya di Kampung Bugis, Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, tadi pagi kondisi air juga naik hingga ke jalan raya. Namun demikian masih bisa dilalui pengendara kendaraan bermotor.

(ruz)