Yayasan doctorSHARE Kembali Buka Pelayanan Kesehatan di Lingga

Yayasan doctorSHARE Kembali Buka Pelayanan Kesehatan di Lingga

Pemkab Lingga menerima cendramata dari Yayasan doctorSHARE saat acara seremonial (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Lingga - Yayasan doctorSHARE (Yayasan Dokter Peduli) kembali membuka layanan kesehatan di Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) untuk kedua kalinya. Berbeda dari kedatangan yang pertama, kali ini yang datang adalah kapal jenis tongkang dan berukuran lebih besar.

Pada Maret 2020 lalu, doctorSHARE juga membuka layanan kesehatan di Kabupaten Lingga, tepatnya di Kecamatan Senayang dan Kecamatan Katang Bidare, menggunakan Rumah Sakit Apung (RSA) dr Lie Dharmawan. Kehadiran RSA itu pun mendapat sambutan positif dari Pemda Lingga dan masyarakat.

Namun kali ini, Yayasan doctorSHARE kembali membuka layanan di Kabupaten Lingga, tepatnya di dermaga Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, dengan menggunakan kapal Nusa Waluyo II. Tim sudah pun datang dan tiba di lokasi pelayanan.

"Namun karena tim semua datang dari zona merah, maka diberlakukan protokol kesehatan. Sehingga baru bisa melakukan pelayanan yang maksimal di tanggal 12 Januari 2022," kata Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan dan SDK di Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Lingga, drg Siti Nafiah kepada Batamnews, Rabu (30/12/2020).

RSA Nusa Waluyo II berlabuh di Pelabuhan Senayang (Foto:istimewa untuk Batamnews)

Ia menjelaskan, pelayanan yang ditawarkan kepada masyarakat yakni pelayanan umum, labor, kebidanan dan kandungan. Setiap warga yang ingin berobat tidak dikenakan biaya, dengan syarat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

"Pemkab memberikan izin operasional sampai tanggal 21 Maret 2021. Pelayanannya hanya di Senayang, karena Nusa Waluyo II ini berupa kapal tongkang. Jadi tidak fleksibel seperti dulu," ujarnya.

Dengan hadir kembali pelayanan RSA tersebut, wanita yang akrab disapa Utit ini berharap masyarakat yang selama ini kesulitan mengakses pelayanan kesehatan rujukan, terutama rumah sakit dengan adanya pandemi ini bisa mendapatkan layanan kesehatan secara maksimal dan gratis.

"Dan bagi masyarakat Kecamatan Senayang, Bakung Serumpun, Temiang Pesisir dan Katang Bidare yang berada disekitar lokasi RSA agar memanfaatkan fasilitas grtis ini sebaik-baiknya," pungkasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews