Selamat Tinggal Corona, Wuhan Rayakan Tahun Baru dengan Meriah

Selamat Tinggal Corona, Wuhan Rayakan Tahun Baru dengan Meriah

Ilustrasi (AP/Victoria Jones)

Wuhan - Sepertinya corona 'sudah mati' di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kerumunan besar warga bahkan turun ke jalan, berpesta pada tengah malam, untuk merayakan tahun baru 2021 pada Jumat (1/1/2021).

Sesuai tradisi, ratusan orang berkumpul di depan gedung tua Hankow Customs House, salah satu tempat Malam Tahun Baru yang lebih populer di kota ini. Ketika jam tua gedung mencapai waktu 00:00 tengah malam, banyak orang melepaskan balon ke udara, bersorak dan meneriakkan ucapan "selamat tahun baru".

Meski begitu, ada banyak polisi dan kontrol massa yang ketat. Beberapa personel keamanan terlihat memberitahu beberapa dari orang tanpa masker untuk mengenakannya jika ingin tetap mengikuti acara tersebut.

Hitung mundur bahkan berjalan sempurna. Semua bahagia, dengan damai dan santai, sebagaimana dilaporkan Reuters.

Perayaan itu datang 12 bulan setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pertama kali menerima kabar kasus pneumonia yang tidak diketahui penyebabnya di Wuhan, yang kemudian dikenal sebagai wabah Covid-19. Tim ahli WHO dijadwalkan tiba di China pada Januari 2021 untuk menyelidiki asal muasal pandemi.

Wuhan sebagian besar telah bebas virus selama berbulan-bulan. Dalam beberapa hari terakhir, kota itu bahkan telah memvaksinasi beberapa kelompok tertentu dari populasi lokal.

Tetapi peningkatan kecil kasus corona, baru-baru ini terjadi berbagai kota di China, termasuk Beijing. Ini mengingatkan orang-orang di Wuhan bahwa pandemi belum berakhir.

China kini tercatat memiliki 87.071 kasus positif, dengan 4.634 kasus kematian, dan 82.067 pasien berhasil sembuh, menurut data Worldometers.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews