ABK KM Sinar Terjatuh di Laut Karimun, Begini Nasibnya

ABK KM Sinar Terjatuh di Laut Karimun, Begini Nasibnya

Ilustrasi.

Karimun - Seorang awak kapal nelayan jaring kuraw KM Sinar terjatuh ke laut, Senin (28/12/2020) siang saat berlayar. 

Kejadian ini diketahui ketika nakhoda KM Sinar, Tohi, melaporkan pada Posmat TNI AL Meral sekira pukul 16.30 WIB.

Sebelum diketahui terjatuh, pemuda asal Baran, Kabupaten Karimun, sempat dibangunkan koki kapal untuk makan.

Terjatuhnya Teguh diketahui ketika kapal berlayar di sekitar perairan Sembawang, Desa Pangke, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sekira pukul 10.00 WIB.

Posisi terakhir teguh saat itu sedang berada di buritan kapal. Diduga teguh terpeleset dan jatuh ke laut ketika kapal akan memasuki perairan wilayah Pulau Asam.

"Kondisi ABK di atas kapal pada saat itu ketiduran termasuk tekong, untuk kemudi diambil alih koki kapal," kata Danlanal TBK, Letkol Laut (P) Maswedi, Senin (28/12/2020) malam.

Namun pencarian Teguh tak membuahkan hasil. Nakhoda KM Sinar kemudian melapor ke Posmat Meral.

Pada pukul 16.45 WIB, Posmat TNI AL Meral mengumpulkan informasi dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersiaga melakukan pencarian.

Untungnya, nyawa ABK tersebut tertolong setelah seorang nelayan bernama Sudir yang sedang melaut di perairan Pangke menemukan Teguh dalam kondisi terapung-apung.

"Korban ditemukan sekira jam 13.00 WIB, di sekitar perairan Pulau Asam oleh seorang nelayan Rawai dalam keadaan baik," ujar Maswedi.

Kabar selamatnya Teguh diperoleh sekira pukul 18.15 WIB. Ia dibawa ke RSUD Muhammad Sani untuk diperiksa kondisi kesehatannya.

"Tadi pukul 19.30 WIB, nakhoda KM Sinar kembaki mendatangi Posmat Meral dan menyampaikan bahwa korban selamat," ujar Maswedi.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews