Banyak Penumpang Tidak Bawa Surat Kesehatan Terjaring di Pelabuhan Karimun

Banyak Penumpang Tidak Bawa Surat Kesehatan Terjaring di Pelabuhan Karimun

Petugas mengecek surat kesehatan penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Sejumlah penumpang yang tiba di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun, terjaring tidak membawa surat kesehatan, Rabu (10/6/2020).

Koordinator Wilayah Pelabuhan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Karimun, Muhammada Rahendra mengatakan, masih ada penumpang yang tidak mengikuti aturan, yaitu membawa surat kesehatan.

"Masih ada didapati penumpang yang datang tidak membawa surat kesehatan. Jika dipersentasekan, ada sekitar 5 persen," kata Hendra, Rabu (10/6/2020).

Penumpang yang tidak membawa surat keterangan sehat ini akhirnya diminta memeriksa kesehatan di Puskesmas Karimun saat itu.

"Penumpang kapal atau warga yang datang ke Karimun yang tidak membawa surat kesehatan, akan kita arahkan ke Puskesmas terdekat untuk membuat dan cek kesehatan, sehingga saat mereka pulang ke rumah dalam keadaan sehat," ujar Hendra.

Penumpang yang turun di Pelabuhan Tanjungbalai Karimun itu datang dari sejumlah daerah. Bahkan ada juga yang berasal dari wilayah zona merah.

"Berbagai, alasan diutarakan oleh penumpang yang tidak membawa surat kesehatan. Baik itu tidak mengetahui adanya aturan, hingga jauhnya tempat fasilitas kesehatan dari tempat tinggal. Penumpang yang datang kebanyakan dari Selat Panjang. Mereka mengaku akses medis atau Puskesmas jauh dari rumahnya," ucap Rahendra.

Untuk jumlah orang yang datang ke Karimun diketahui masih cukup ramai. Selain itu, Karimun juga dijadikan sebagai tempat transit menuju ke daerah lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews