KPK Konfirmasi Barang Diduga Hasil Suap ke Istri Edhy Prabowo

KPK Konfirmasi Barang Diduga Hasil Suap ke Istri Edhy Prabowo

Gedung KPK. (Foto: ilustrasi)

Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa anggota DPR RI, Iis Rosita Dewi. Istri Edhy Prabowo itu dimintai keterangan untuk kasus dugaan suap terkait perizinan ekspor benih lobster atau benur tahun 2020 di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

 

Kepada Iis, penyidik mengonfirmasi barang-barang hasil rampasan yang diduga dibeli dari uang hasil suap.

"Hari ini dilakukan pemeriksaan dalam rangka penyitaan barang-barang yang ditemukan dan diamankan saat tangkap tangan KPK, di antaranya tas mewah berbagai merek dan juga jam tangan mewah dan barang lainnya," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (22/12/2020).

Diketahui, saat tim penindakan menggelar operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Edhy Prabowo, turut diamankan Iis Rosita Dewi. Dalam Selain itu, sejumlah barang yang dibeli oleh Edhy dan Iis saat bertolak ke Amerika Serikat juga disita.

Ali mengatakan, ini pemeriksaan kedua terhadap Iis. Pemeriksaan perdana terhadap Iis pasca-terjaring OTT tim penindakan KPK.

"Sebelumnya setelah tangkap tangan, yang bersangkutan telah diperiksa sebagai saksi dan dikonfirmasi terkait dengan aktivitas kunjungan dinas tersangka EP (Edhy) ke Amerika," ucap Ali.

"Selain itu terkait pengetahuan saksi mengenai adanya pembelian berbagai barang, di antaranya tas dan jam mewah di Amerika Serikat yang sumber uang pembeliannya diduga dari penerimaan uang yang terkait perkara ini," kata Ali menambahkan.

Iis Rosita sendiri membenarkan pemeriksaannya pada hari ini berkaitan dengan penyitaan barang-barang mewah tersebut.

"Saya datang hari ini dalam rangka penandatanganan berita acara untuk penerimaan barang yang kemarin diamankan KPK, dan juga berita acara penyitaan barang-barang sebagai barang bukti proses kasus tersebut," kata Iis usai diperiksa di Gedung KPK, Selasa (22/12).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews