Hasil Liga Inggris: Chelsea Menang, Burnley Jauhi Zona Degradasi

Batam - Dua pertandingan digelar mengakhiri pekan ke-14 Liga Inggris pada Selasa (22/12/2020) dini hari WIB. Chelsea meraih poin penuh dan Burnley menjauh dari zona degradasi.

Menjamu West Ham di Stadion Stamford Bridge, Chelsea membungkam West Ham United tiga gol tanpa balas.

Seluruh gol The Blues dicetak oleh bek Thiago Silva di babak pertama. Kemudian disusul dua gol di babak kedua yang diborong Tammy Abraham.

Ini adalah kemenangan pertama Chelsea usai dua kali kalah beruntun melawan Everton dan Wolverhampton. Mereka kini sementara naik ke peringkat lima klasemen sementara Liga Inggris dengan 25 poin. Sementara West Ham ada di posisi ke-10 dengan 21 poin.

Menilik statistik pertandingan di laman Live Score, Chelsea unggul cepat di menit ke-10 lewat aksi Thiago Silva yang memanfaatkan assits Mason Mount.

Skor 1-0 menutup laga babak pertama.

Selepas jeda, Chelsea kembali menambah keunggulan lewat brace Tammy Abraham. Striker muda Chelsea itu mencetak gol di menit 78 usai memanfaatkan assist Timo Werner, lalu disusul gol keduanya di menit 80.

Dari total penguasaan bola, pertandingan Chelsea Vs West Ham berjalan cukup imbang. Tuan rumah unggul sedikit dengan 54 persen penguasaan bola. Mereka juga melepas enam tembakan on target.

Sementara West Ham hanya bisa melepaskan empat kali tembakan ke arah gawang, dan semuanya off target.

Burnley Dekati Arsenal

 

Sementara itu,  Burnley menjauh dari zona degradasi klasemen Liga Inggris selepas mengatasi Wolverhampton 2-1 dalam laga pekan ke-14 di kandang sendiri, Stadion Turf Moor.

Hasil itu merupakan kemenangan kedua Burnley yang memiliki catatan nirkalah dalam empat pertandingan terakhir dan kini mentas dari zona degradasi untuk naik ke urutan ke-16 dengan koleksi 13 poin.

Mereka mendekati Arsenal dan berpotensi membenamkan klub London itu karena masih memiliki satu 'tabungan' pertandingan.

Burnley bisa memimpin atas tamunya saat Charlie Taylor mengirimkan umpan silang ke area tiang jauh di mana Ashley Barnes menyambutnya dengan sundulan sudut sempit untuk menaklukkan kiper Rui Patricio.

Wolverhampton berusaha membalas, tetapi dua peluang Ruben Neves dari tendangan bebas dan tembakan luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang.

Keunggulan Burnley bertahan hingga turun minum dan hampir digandakan pada menit ke-50 jika saja tembakan melengkung Josh Brownhill yang sudah memperdaya Patricio tak ditolak mistar gawang.

Semenit berselang, kerja keras Burnley membuahkan hasil saat Chris Wood lepas dari kawalan menyambut umpan sundulan Ben Mee dalam situasi tendangan bebas dengan sepakan jarak dekat untuk mengubah kedudukan jadi 2-0.

Wasit Lee Mason dan VAR sempat meninjau sejenak dugaan Mee terjebak offside dalam proses serangan sebelum mengesahkan gol tersebut.

Upaya Wolverhampton memperkecil skor baru membuahkan hasil pada menit ke-89 saat Fabio Silva mengkonversi tendangan penalti setelah ia dijatuhkan Josh Benson di dalam area terlarang.

Kedudukan 2-1 untuk tuan rumah bertahan hingga peluit akhir dibunyikan.

(dod)