UIB Gelar Webinar Building Information Modeling for Architecture

UIB Gelar Webinar Building Information Modeling for Architecture

Batam - Dalam rangka memberikan bekal kepada mahasiswa sebagai bentuk persiapan menghadapi Revolusi Industri 4.0, Program Sarjana Arsitektur Universitas Internasional Batam (UIB) mengadakan webinar yang bertemakan “Building Information Modeling (BIM) for Architecture” pada Rabu, 25 November 2020.

Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama dengan Ruang Urban Indonesia (RUBI) yang merupakan organisasi non-profit yang bergerak di bidang arsitektur dan perkotaan.

BIM merupakan salah satu teknologi yang sedang hangat diperbincangkan dalam dunia konstruksi dan rekayasa. Oleh karena itu, webinar yang dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting ini mengundang pembicara utama yang telah berpengalaman cukup lama di dunia tersebut, yakni Irfan Irwanuddin, S.T., M.Arch. Saat ini, beliau bekerja sebagai Architectural Designer di ADAS Multimedia Engineering, Singapore.

Pembicara kedua, Yessy Christanti Silaban S.T., M.Ars yang merupakan dosen Program Sarjana Arsitektur Universitas Internasional Batam juga turut hadir dalam kegiatan ini. Antusiasme yang cukup tinggi terlihat dari jumlah dan ragam asal peserta yang berpartisipasi, mulai dari beberapa Universitas lain di Indonesia, hingga pihak pemerintah dan swasta.

Acara dibuka pada pukul 18.30 WIB oleh moderator webinar, Carissa Dinar Aguspriyanti, S.T., MA selaku Co-Founder Ruang Urban Indonesia (RUBI) dan dosen Program Sarjana Arsitektur Universitas Internasional Batam, melalui perkenalan singkat dengan para pembicara dan penyampaian syarat dan ketentuan webinar.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari pembicara utama, Irfan Irwanuddin, S.T., M.Arch, yang berjudul Building Information Modeling dalam Arsitektur. Dalam presentasinya, Bapak Irfan menjelaskan bagaimana aplikasi BIM mempermudah pekerjaan berbagai macam profesi. Untuk para profesional yang terlibat dalam suatu proyek, BIM memungkinkan model informasi virtual untuk dibagikan oleh tim desain (arsitek, arsitek lansekap, surveyor, insinyur layanan sipil, struktural dan bangunan, dan lain-lain), kontraktor dan sub kontraktor utama serta pemilik atau operator.

BIM memungkinkan visualisasi semua model informasi dalam satu lingkungan, koordinasi dan pengembangan desain yang lebih baik, peningkatan penghindaran dan deteksi bentrokan, dan peningkatan waktu serta pengambilan keputusan biaya. (*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews