Marc Marquez Sulit Kembali ke Performa Terbaik, Ini Penyebabnya

Marc Marquez Sulit Kembali ke Performa Terbaik, Ini Penyebabnya

Marc Marquez. (Foto: Honda)

Madrid - Pembalap tim Repsol Honda, Marc Marquez diyakini sulit kembali ke perfoma terbaiknya, menyusul cedera panjang yang membekapnya. Terkini, Marquez bahkan mengalami infeksi.

Marc Marquez diterjang berbagai masalah dalam proses penyembuhan cedera patah tulang humerus di lengan kanannya yang terjadi di seri pembuka MotoGP 2020 pada Juli lalu.

Setelah menjalani dua operasi, Marc Marquez harus absen hingga akhir musim MotoGP 2020. Belakangan, tim Repsol Honda mengkonfirmasi pembalapnya harus kembali naik meja operasi.

Proses operasi ketiga itu dijalani Marc Marquez lantaran pemulihan cederanya tak kunjung sembuh. Dia dilarikan ke Rumah Sakit Ruber Internasional, di Madrid untuk operasi lanjutan pada awal bulan ini.

Operasi itu dilakukan oleh tim dokter untuk mengganti pelat yang sebelumnya terpasang dengan pelat baru dengan tambahan cangkok tulang krista iliaka dengan flap bebas kortikoperiosteal.

Masalah nyatanya tak hanya berhenti di situ, Marc Marquez kembali ketibal sial lantaran didiagnosa mengalami infeksi pada area tulang humerusnya yang patah. Hal itu dikonfirmasi Honda.

"Situasi klinis pasca-operasi Marc Marquez dianggap memuaskan oleh tim medis di Rumah Sakit Ruber Internacional, di Madrid," tulis Honda dalam rilis resmi.

"Namun, kultur yang diperoleh selama operasi pseudarthrosis telah memastikan bahwa ada infeksi sebelumnya pada fraktur," lanjut Honda.

Situasi itu membuat eks pembalap MotoGP Marco Melandri ragu Marc Marquez bisa kembali menjadi dirinya pasca sembuh nanti. Tak mengendarai motor dalam waktu yang lama --lebih dari satu musim-- bakal mempengaruhi mental dan fisik sang rider.

“Ini sangat sulit. Di satu sisi dia memiliki keinginan, tekad untuk melakukannya bahkan lebih dari sebelumnya, di sisi lain saya katakan kepada Anda bahwa itu sangat sulit," ujar Melandri dikutip Tuttomotoriweb, Senin (7/12/2020).

"Dia telah menghabiskan satu tahun tanpa menyentuh motornya dan jika dia bisa kembali dia pasti tidak akan kembali ke kondisi yang optimal."

"Kemudian dengan MotoGP hari ini Anda berkendara sangat sedikit, hampir tidak pernah. Dan kami perlu melakukannya untuk kembali kompetitif," tambahnya.

Marc Marquez memang absen sepenuhnya di MotoGP 2020 yang tanpa kehadirannya dimenangkan oleh rider Suzuki Ecstar Joan Mir.

Kendala demi kendala yang terjadi dalam proses penyembuhan cedera membuat Marc Marquez diragukan bisa fit sepenuhnya saat MotoGP 2021 digeber tahun depan.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews