https://www.batamnews.co.id

Syamsul Bahrum: Sebaiknya Belajar Tatap Muka Ditunda Dulu

Pjs Wako Batam, Syamsul Bahrum. (Foto: Dok. Batamnews)

Batam - Kendati Mendikbud merekomendasikan pembelajaran tatap muka awal tahun depan, namun untuk Kota Batam agaknya hal tersebut masih dipertimbangkan.

Pjs Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum berpendapat pembelajaran tatap muka ditunda dulu. Situasi Covid-19 di Batam menurutnya belum menunjukkan penurunan kasus.

“Hampir setahun ini belajar mengajar dari rumah, tapi tidak membuat anak kita bodoh, justru mereka semakin kreatif, dari Batam saja ada yang jadi finalis untuk ikut lomba sistem belajar online terintegrasi,” ujarnya, Rabu (2/12/2020).

Pelaksanaan Pilkada di masa pandemi

Terkait Pilkada serentak, Syamsul meyakini tidak akan ada klaster baru jika skema pemilihan dijalankan dengan baik. Yaitu tetap menerapkan protokol kesehatan.“Jadwal pencoblosan sudah diatur, jadi tidak ada kerumunan,” katanya.

Selain itu, seluruh petugas TPS yang akan bertugas telah menjalani pemeriksaan rapid test. Bagi petugas yang hasilnya reaktif, maka akan diteruskan untuk menjalani tes usap (swab). “Sanitasi di lingkungan juga telah diperhatikan,” kata dia.

Dengan begitu walaupun kondisi pandemi seperti ini, semestinya tidak menyurutkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara. Dan ditargetkan tingkat partisipasi masyarakat bisa mencapai 80 persen.  “Harapan kita bisa segitu, tetap optimis,” kata dia.

(ret)