https://www.batamnews.co.id

Guru, Orangtua Murid dan Siswa SD 004 Toapaya Dapat Penghargaan

Guru SD 004 Toapaya mendapat penghargaan di hari guru. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - SD Negeri 004 Kecamatan Toapaya memberikan sejumlah penghargaan kepada guru beserta orangtua atau wali murid dan anak didik dalam acara peringatan Hari Guru Nasional ke-75 di Jalan Tanjunguban, Km 18, Mantrus, Desa Toapaya Selatan, Rabu (25/11/2020).

Acara yang digelar sekolah yang terkenal dengan icon "Sirih Merah" dan branding "berbudaya" ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan Tamsir, Kabid SD Disdik Bintan Johari, Plt Camat Toapaya Nepy Purwanto, guru-guru dan perwakilan orangtua murid.

Kepsek SDN 004 Toapaya, Rita Mardiani ,S.Pd.SD mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional ini menjadi momentum untuk memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi untuk guru-guru, orangtua dan anak didik yang berprestasi.

"Kita berikan penghargaan itu berupa piala bergilir. Sertifikat dan uang tunai kepada mereka yang telah berdedikasi tinggi dan berprestasi," ujar Rita.

Ada beberapa kategori yang diberikan penghargaan dalam momen yang berharga ini. Mulai dari guru yang berinovasi dan berprestasi, pegawai datang lebih awal dan terajin, dan guru-guru yang berprestasi karena sudah dapat merangkul dan bekerjasama dengan orang tua untuk menjadikan kelasnya yang terbaik.

Tidak hanya guru, prestasi juga di berikan kepada kategori lainnya seperti murid-murid yang berprestasi tingkat kabupaten dan nasional, orangtua atau wali murid yang berprestasi dan kreatif tingkat nasional serta prestasi kepada paguyuban kelas yang telah berhasil membuat kelasnya menjadi indah. Baik taman,sudut baca dan teras sehingga  menjadikan sekolah itu indah hingga terkenal di mana-mana.

"Acara ini juga disejalankan dengan pembagian baju seragam dan perlengkapan sekolah gratis oleh Kepala Disdik Bintan kepada siswa kelas 1 SD. Tentunya tetap mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

SDN 004 Toapaya ini memiliki jumlah murid sebanyak 589 orang. Dikarenakan saat ini masih masa pandemik Covid-19 maka seluruh murid belajar dari rumah.

Meskipun demikian, hal ini tidak menyurutkan sekolah untuk tetap berprestasi. Karena dalam kurun 9 bulan terakhir ini, SDN 004 Toapaya berhasil memboyong 9 penghargaan dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional.

"Ada 9 penghargaan kita dapatkan di masa pandemi ini. Yaitu prestasi tingkat Kabupaten Bintan ada 1 penghargaan dan 8 penghargaan di tingkat Nasional," ucapnya.

Penghargaan bergengsi yang diberikan kepada guru, orangtua dan anak didik tersebut antara lain: Kategori Taman yaitu Kelas 6A Juara I, Kelas 5C Juara II, Kelas 3D Juara III. Untuk Kategori Sudut Baca yaitu Kelas 3D Juara I, Kelas 3C Juara II, dan Kelas IB Juara 3. Sedangkan Kategori Teras adalah Kelas 3D Juara I, Kelas 2B Juara II, dan Kelas 3C Juara III.

Berikutnya, Kategori Juara Umum dan 10 Besar meliputi Kelas 3D, Kelas 3C, Kelas 2B, Kelas 1B, Kelas 6A, Kelas 5C, Kelas 4A, Kelas 3B, Kelas 6C, dan Kelas 2A.

Kemudian Kategori Guru diantaranya Guru Terajin dan Datang Paling Awal diberikan kepada 3 orang yaitu Yuni Maryati, S.Pd.SD, Kurnia, S.Pd.SD, dan Rumiah, S.Pd.SD. Lalu Guru Berinovasi dan Berdedikasi juga diberikan kepada 3 orang yaitu Tuti Wahyuni, S.Pd.SD, Lasmiasih, S.Pd.SD, dan Samurai, S.Pd.I.

Selanjutnya Kategori Wali Murid dan Anak Didik meliputi Wali Murid Terkreatif yaitu Susi Tara, Video Lomba Karya Bakti Pancasila SD Tingkat Nasional yaitu Siska Meliana serta Siswa Berprestasi Tingkat Kabupaten Bintan adalah Zaki dan Siswa Berprestasi Tingkat Nasional adalah Devhepi, Andira dan Delvin.

(ary)