https://www.batamnews.co.id

DPKP Lingga Serahkan Ijazah Puluhan Mahasiswa Program Vokasi IPB Bogor

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Teuku Taufik Ardiansyah bersama sejumlah mahasiswa vokasi IPB Bogor Kelas Jauh Lingga usai menyerahkan ijazah mereka di Kantor DPKP Lingga (Foto:istimewa)

Lingga - Sebanyak puluhan mahasiswa program diploma satu (D1) Institut Pertanian Bogor (IPB) atau program vokasi IPB berkerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, akhirnya menerima ijazah, Senin (23/11/2020).

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, Siswadi melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Teuku Taufik Ardiansyah mengatakan, meski sudah diwisuda pada Januari tahun 2019 lalu, ijazah seluruh mahasiswa IPB Kelas Jauh Dabo Singkep itu baru bisa diserahkan sekarang.

"Waktu wisuda dulu, ijazahnya belum selesai. Ada administrasi yang harus dilengkapi, kita harus bolak balik ke Bogor makanya baru dapat kita selesaikan. Ditambah lagi Covid dari awal tahun kemarin, maka baru dapat di urus dan di jemput ke Rektorat Kampus IPB Bogor oleh Pak Kadis," kata Taufik kepada Batamnews, Selasa (24/11/2020) kemarin.

Ia menjelaskan, ada sebanyak 62 orang mahasiswa jurusan pertanian dan 32 orang jurusan peternakan yang ijazahnya diserahkan. Mereka semua merupakan mahasiswa D1 program kerjasama Pemkab Lingga dengan IPB Bogor, dan merupakan program khusus mengatasi keterbatasan SDM sektor Pertanian dan Peternakan.

"Kalau yang program kerjasama BPSDM Kementan Polbangtan Jogja, Magelang, Malang yang angkatan 1 sudah memasuki semester 7. Insya Allah tahun 2021 ini selesai. Kalau yang untuk D1 program kerjasama Pemkab Lingga itu, saat ini diangkat menjadi THL dinas kita," sebutnya.

Taufik pun berharap kepada mahasiswa program vokasi IPB yang telah menerima ijazah tersebut dan sudah dapat belajar ilmu terapan lapangan, untuk terus bisa belajar meningkatkan kompetensi di lapangan dengan tantangan dan kendala pembangunan sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Lingga.

"Tapi kami optimis dan terus berupaya dengan menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai sektor pendukung, termasuk BPTP Kepri, BI maupun koordinasi langsung ke Kementerian Pertanian," pungkasnya.

(ruz)