KSOP Tanjungpinang Siapkan Slot Time Tambahan Pelayaran Momen Nataru

KSOP Tanjungpinang Siapkan Slot Time Tambahan Pelayaran Momen Nataru

Pelabuhan Sri Bintan Pura. (ist/Batamnews)

Tanjungpinang - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Tanjungpinang akan menambah  jadwal pelayaran (slot time) Tanjungpinang- Batam pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kepala KSOP Tanjungpinang, Mappeati mengatakan, jika biasanya keberangkatan pertama pukul 07.30 WIB, saat tahun baru akan dimajukan pukul 07.00 WIB. Begitu juga jadwal terakhir biasanya pukul 18.00 WIB akan ditambah menjadi 18.30 WIB.

Hal ini memungkinkan operator pelayaran untuk menambah volume keberangkatan kapal. Ia menjelaskan, pemberlakuan penambahan jam keberangkatan itu, bila nantinya terjadi peningkatan jumlah penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura.

"Rencananya kita akan menambahkan waktu, pagi kita cepatkan biasanya jam 07.30 menjadi 07.00 WIB. Begitu juga kal terakhir biasanya jam 17.30 menjadi 18.00 WIB," sebutnya.

Penambahan waktu itu, diselaraskan dengan penerapan protokol kesehatan di dalam kapal. Sebab, katanya, jumlah penumpang di dalam kapal saat ini telah dikurangi menjadi 70 persen.

"Kalau penerapan protokol kesehatan udah lama, setiap kapal hanya boleh membawa penumpang 70 persen saja, tak boleh penuh lagi," ujarnya.

Ia menyebutkan, untuk mencegah penumpukan penumpang di pelabuhan, setiap kapal yang jumlah penumpang sudah cukup harus berangkat. "Tidak ada istilah tunggu menunggu lagi, sudah cukup penumpang, langsung lepas tali (berangkat)," tegasnya.

Pihaknya juga telah mendirikan pos pengamanan di Pelabuhan Sri Bintan Pura. "Pos keamanan dan keselamatan itu akan mulai beroperasi pada 8 Desember mendatang," katanya.

(fox)