Kapal Antarprovinsi Beroperasi, Pelabuhan Sri Bintan Pura Ramai Lagi

Kapal Antarprovinsi Beroperasi, Pelabuhan Sri Bintan Pura Ramai Lagi

Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. (Foto: dok. Batamnews)

Tanjungpinang - Kapal penumpang tujuan antarprovinsi dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Kepulauan Riau sudah kembali beroperasi mulai hari ini, Jumat (5/6/2020). 

Kepala Seksi Lalu Lintas Laut KSOP Tanjungpinang Syamsul Nizar menyampaikan, bahwa para operator kapal antarprovinsi sudah mengajukan untuk beroperasi kembali.

"Pihak operator sudah mengajukan kapal operasi kembali, beroperasi mulai hari ini," kata Syamsul.

Ia menjelaskan, kapal penumpang antarprovinsi seperti tujuan Dumai, Bengkalis, Selat Panjang, sebelumnya belum beroperasi, kini sudah mulai beroperasi.

"Biasanya kan jadwal keberangkatan dikurangi, tapi saat ini sudah ditambahkan lagi," sebutnya.

Meskipun beroperasi, katanya, pihaknya minta agen kapal untuk menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak dan wajib mengunakan masker bagi awak kapal serta penumpang.

"Kalau mau ke sini cukup itu saja yang dibawa kartu kuning, tapi untuk daerah lain seperti apa penerapan saya tak tahu, karena bukan wewenang kita," sebutnya.

Menurutnya, jumlah penumpang di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang sudah mulai meningkat, bahkan hampir mencapai 50 persen total penumpang sebelum Covid-19 melanda. 

"Sekarang sudah mulai meningkat, biasanya tak sampai 1.000, kini sudah lebih, tapi kalau normalnya rata-rata 2.500 penumpang," jelasnya.

(adi)