72 Warga Asal Kalbar Dipulangkan Usai Jalani Karantina di Tanjungpinang

Pemulangan 72 warga asal Kalbar di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Jumat (29/5/2020). (Foto: Afriadi/Batamnews)

Tanjungpinang - Sempat dikarantina di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, sebanyak 72 orang warga asal Sambas dan Mempawah, Provinsi Kalbar dipulangkan ke kampung halaman mereka.

Puluhan warga ini sebelumnya merupakan korban PHK salah satu perusahaan di Pulau Buton, Riau.

Pemulangan dilakukan dengan Kapal KM Sabuk Nusantara dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang, Jumat (29/5/2020).

Para warga ini sudah menjalani rapid test dan karantina mandiri di Tanjungpinang.

Plt. Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, pengembalian 72 orang ini sudah melalui beberapa tahapan sesuai protokol kesehatan.

Rahma berharap 72 orang yang akan melakukan perjalanan laut itu tetap dalam keadaan sehat selama lima hari perjalanan yang akan ditempuh.

 "Tetap jaga kesehatan, patuhi aturan yang berlaku, karena kepulangan dari saudara-saudara semua sangat dinanti oleh keluarga dan saling menjaga satu sama lain, sekitar 5 hari perjalanan laut tetap saling melindungi," pesan Rahma.

Rahma juga menyampaikan bahwa dari rombongan yang jumlahnya sekitar 76 orang, terdapat 2 orang yang hasil rapid testnya dinyatakan reaktif dan masih menjalani karantina di rumah singgah.

 "Kedua orang yang reaktif telah dikarantina di rumah singgah di Tanjungpinang, mereka selama ini tinggal di penampungan Jalan Pompa Air dan di Kampung Bugis," jelasnya.

(adi)