Corona Belum Reda, Wabah Flu Burung Serang Jepang

Corona Belum Reda, Wabah Flu Burung Serang Jepang

Ilustrasi. (Foto: The Poultry Site)

Tokyo - Di tengah belum meredanya wabah Corona, wabah baru yakni flu burung menyerang Jepang. 

Otoritas Negeri Matahari terbit itu telah mendeteksi wabah baru flu burung di peternakan ayam di barat daya Provinsi Fukuoka, selain delapan yang sudah dilaporkan di Provinsi Kagawa di barat Tokyo, kata pemerintah dikutip Batamnews dari Channel News Asia, Kamis (26/11/2020).

Gelombang flu burung yang dimulai awal bulan ini terbukti menjadi yang terburuk dalam sekitar empat tahun dan penyebaran virus serius pertama dalam dua tahun.

"Kasus kesembilan dari avian influenza yang sangat patogen telah dikonfirmasi," kata kepala juru bicara pemerintah Jepang, Katsunobu Kato, dalam pertemuan rutin.

"Tim investigasi epidemiologi yang terdiri dari pejabat dari kementerian pertanian dan ahli epidemiologi berencana untuk melakukan investigasi terkait jalur penularan," kata Kato.

Sekitar 93.500 ayam di sebuah peternakan di kota Munakata di Fukuoka akan dimusnahkan, surat kabar Asahi melaporkan. Di Provinsi Kagawa lebih dari 1,3 juta ayam telah dimusnahkan bulan ini.

Wabah flu burung terakhir di Jepang terjadi pada Januari 2018, juga di Provinsi Kagawa, ketika 91.000 ayam dimusnahkan.

Wabah besar terakhir terjadi antara November 2016 hingga Maret 2017, ketika total 1,67 juta ayam dimusnahkan akibat flu burung strain H5N6.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews