Warga Jepang Makin Akrab dengan Robot Mainan saat Pandemi Corona

Warga Jepang Makin Akrab dengan Robot Mainan saat Pandemi Corona

Robot anjing Sony Aibo, salah satu jenis mainan yang laris terjual di Jepang saat pandemi Corona. (Foto: ETexnix)

Tokyo - Selain dampaknya terhadap kesehatan, pandemi virus corona juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Di Jepang, warga melawan kesepian dengan membeli robot yang ramah.

Permintaan akan robot kecil meningkat tajam karena semakin banyak orang yang membelinya untuk orang tua mereka, yang seringkali tinggal di provinsi yang jauh dan sulit untuk dikunjungi. 

Mainan robot, seperti robot anjing Sony Aibo, dapat menjadi pengganti kunjungan langsung, karena banyak yang takut menyebarkan virus corona, lapor kantor berita Kyodo.

Mainan yang menenangkan ini juga membantu orang memastikan orang tua mereka aman dan sehat - Aibo versi terbaru Sony dibuat untuk menjelajahi rumah, memastikan semuanya baik-baik saja.

Pemilik dapat memastikan anjing robot kecil memeriksa bagian tertentu dari rumah pada waktu tertentu dalam sehari.

Robot semacam itu memiliki fungsi penyembuhan di masa-masa sulit ini, kata Kyodo. Berkat sensor, Aibo dapat melihat kata yang baik atau tepukan di kepala. 

Anjing robot juga dapat menyesuaikan perilakunya, dengan bantuan kecerdasan buatan, serta mengingat hingga 10 wajah berkat kamera dan mikrofon bawaan.

Robot lain yang ada di pasaran termasuk Qoobo dari Yukai Engineering Inc, bantal empuk yang bisa mengibaskan ekornya dan bertujuan untuk menyenangkan hati pemiliknya. Kyodo mengatakan penjualannya juga jauh lebih tinggi saat ini.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews