120 Ton Alkes Bantuan Singapura Tiba di Batam, Pjs Gubernur Siap Perang Lawan Covid

120 Ton Alkes Bantuan Singapura Tiba di Batam, Pjs Gubernur Siap Perang Lawan Covid

Bantuan dari Yayasan Temasek Foundation tiba di Batam

Batam - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kembali menerima bantuan dari Singapura melalui Temasek Foundation, Singapura untuk membantu penanganan Covid-19.

Bantuan tersebut diterima dari Changi Naval Base Singapura dan tiba di Pelabuhan Batu Ampar dibawa oleh KRI Semarang 594, Rabu (18/11/2020).

Bantuan diserahterimakan dari kapal KRI Semarang, ke Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar, serta perwakilan Pemerintah Provinsi Jambi.

Danguskamla Koarmada I, Yayan Sofyan mengatakan, bantuan ini berjumlah 122 ton, dengan berbagai jenis alat kesehatan, diantaranya ada Oxygen Concentrators, Ventilators, X-Ray Machine, Surgical Gowns, gloves, surgical caps, bunny suits, PCR test, extraction preps dan lainnya.

“Kegiatan ini merupakan operasi sosial membantu pengentasan pandemi, semoga hal ini juga mempercepat pandemi bisa segera berlalu, serta bisa melanjutkan kehidupan normal,” ujar Yayan dalam sambutannya.

Ia juga merincikan bantuan yang diberikan berupa 850 Oxygen Concentrators, 340 BIPAP, 127 Ventilators, 6 X-Ray Machine dan 287.500 KN95 Mask. Kemudian ada 107.500 Surgical Gowns, 53.500 face shields, 56.000 googles, 107.500 gloves, 112.500 surgical caps, 122.500 shoe covers, 30.000 surgical mask, 20.000 bunny suits.

Bantuan ditujukan kepada 19 instansi di Kepri. Mulai dari TNI, Kemenkes, Kemendagri, 11 pemerintah provinsi, tiga Pemerintah kota, NU dan Muhammadyah.

“Kita akan menurunkan disini untuk Batam, Kepri, dan untuk daerah lain di Sumatera. Kemudian akan berlayar ke Jawa,” kata dia.

Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin menyampaikan terimkasih atas kerjasama aparat TNI yang telah membawa bantuan alat kesehatan tersebut. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Temasek Foundation.

 

“Alat-alat ini sebenarnya untuk perang melawan Covid-19, saat ini sudah 125 warga di Kepri yang telah meninggal dunia karena penyakit ini,” ujar Bahtiar.

Sebelum dibawa ke Batam, penyerahan bantuan sendiri di Singapura dilakukan secara virtual kepada KBRI Singapura.  Penyerahan bantuan dilakukan oleh Mr. Bennedict Cheong selaku Chief Executive Temasek Foundation International kepada Duta Besar Suryopratomo.

Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo menyampaikan apresiasi kepada Temasek Foundation yang sudah beberapa kali memberikan bantuan peralatan medis untuk penanganan Covid-19 di Indonesia.

"Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Panglima TNI atas dukungan transportasi yang diberikan dalam penyaluran bantuan dimaksud ke Indonesia," kata Suryopratomo.

Sementara itu, Pimpinan Temasek Foundation, Bennedict Cheong mengatakan bantuan ini merupakan bentuk kebersamaan atau kerjasama dalam menghadapi Covid-19.

"Tidak pernah ada negara yang aman dari Covid-19 kalau masih ada negara lain yang dilanda wabah. Itu yang kita lakukan hari ini bukanlah membantu, tetapi kita bersama-sama atau partnership untuk menghadapi Covid-19,” katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews