Bukti Jembatan Batam-Bintan Segera Dibangun, Begini Penampakannya

Peninjauan titik lokasi pembanggunan Jembatan Batam Bintan oleh Pjs Bupati Bintan, Buralimar dan Pjs Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin. (Foto: ist/Batamnews)

Batam - Jembatan Batam-Bintan (Babin) menjadi salah satu infrastruktur yang diimpikan warga. Wacana itu sebenarnya mengapung sejak lama, namun saat ini, usulan yang direspon baik oleh Presiden Jokowi sebelumnya ini, mulai menunjukkan progresivitasnya.

Pjs Bupati Bintan, Buralimar meninjau langsung titik lokasi pembangunan pancang jembatan bersama Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin, Rabu (18/11/2020). Peninjauan dimulai dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam.

Baca juga: Pemancangan Koordinat Jembatan Batam-Bintan Segera Dimulai

Buralimar menyampaikan bahwa awal tahun 2021 akan dimulai kajian AMDAL dan tata ruang. Dirinya bahkan dengan penuh semangat mengatakan bahwa Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Bintan memberikan dukungan penuh, demi terealisasikannya penghubung kedua pulau ini.

Pemaparan pembangunan Jembatan Babin oleh Pjs Bupati Bintan, Buralimar. (@kabupatenbintan)

"Alhamdulillah, yang kita nantikan akan segera terwujud. Jembatan ini sebagai penghubung perekonomian, penghubung budaya yang ada serta penghubung rasa yang artinya menghubungkan kedekatan" ujarnya seperti dilansir batamnews dari instagram @kabupatenbintan.

Seperti diketahui, pemancangan titik koordinat Jembatan Batam-Bintan segera dilakukan. Jembatan yang merangkai empat pulau ini akan menghubungkan Batam dan Bintan.

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar sebelumnya sudah memerintahkan dua dinas di Pemprov Kepri yakni Bappeda dan Dinas PUPRP Kepri untuk membersihkan lokasi di titik koordinat Jembatan Babin tersebut.

Pemaparan pembangunan Jembatan Babin oleh Pjs Gub Kepri, Bahtiar. (@kabupatenbintan)

Ia meminta agar Badan Pertanahan Nasional Agraria Tata Ruang (BPN-ATR) untuk mendata lahan yang akan dijadikan jembatan dan jalan penghubung. "Anggaran pembangunan jembatan bersumber dari APBN, sementara anggaran pembebasan lahan dari APBD Kepri," terangnya.

Baca juga: Jembatan Tol Highway Nong Isa, Bakal Persingkat Jarak Batam Centre-Nongsa

Ditegaskannya, bahwa pembangunan jembatan ini murni merupakan anggaran dari pemerintah pusat yang diplot melalui Kementerian PUPR RI.

Rute Jembatan Babin. (@kabupatenbintan)

Sebagaimana diketahui, untuk pembangunan Jebatan Babin, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggaran di APBN 2021 sebesar Rp8,6 Triliun.

(fox)