Jembatan Tol Highway Nong Isa, Bakal Persingkat Jarak Batam Centre-Nongsa

Ilustrasi.

Batam - Pembangunan jembatan layang dengan konsep tol highway akan mengubungkan Batam Centre-Nongsa. Jembatan ini akan menjadi jalur baru. Saat ini Pemko Batam sedang mengestimasikan anggaran untuk merealisasikan proyek ini

Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum menjelaskan, keberadaan jembatan tersebut nantinya akan terintegrasi antar ragam wisata baik Nongsa maupun yang ada di Batam Centre, dengan eco tourism dan leisure tourism di kawasan pantau Nongsa, Batu Besar dan sekitarnya.

“Jembatan Batam Center-Nongsa ini akan diperkuat jika konsep Tering Bay Water Front City dapat dikembangkan sebagai Kawasan Strategis Provinsi baru yang alokasi lahannya masuk dalam perencanaan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kepri," jelas Syamsul.

Diharapkan keberadaan jembatan ini dapat memperpendek jarak tempuh dari Batam Center ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam, maupun kawasan wisata Nongsa dan Batu Besar.

Pembangunan hotel di kawasan Nongsa akan direncanakan untuk mengimbangi banyaknya hotel di kawasan Nagoya dan Batam Centre, seperti Harris Resort, Aston Hotel, Harmoni, Sahid, Golden View dan Marriot.

Syamsul menambahkan Batam Centre bisa sebagai Government Business District (GBD) serta Commercial Business District (CBD). “Bisa juga menjadi surga belanja bagi turis yang menginap di Nongsa,” katanya.

Rencana pembangunan jembatan ini juga bisa menghidupkan Batam Centre-Nongsa sebagai kawasan destinasi wisata dan memperkuat sport tourism. Syamsul juga menambahkan, jembatan ini bisa menjadi ikon baru bagi Batam.

 

Kehadiran jembatan penghubung ini dapat mengoptimalisasi pula dua pulau di Teluk Tering, yaitu Semakau Besar dan Semakau Kecil sebagai Batam Financial Digital Hub.

"Makanya jembatan ini akan dinamai Nong Isa, sesuai dengan asal dari nama Nongsa sendiri. Dengan adanya jembatan ini juga akan memungkinkan terselenggaranya event olahraga internasional," katanya.

Sampai saat ini, progres pembangunan jembatan tersebut masih baru menghitung besaran nilai dan aspek teknis proyek bersama dengan para investor. Agar dapat menentukan perencanaan desain yang tepat dengan anggaran yang kuat juga.  "Tergantung desain jembatan yang akan dibangun, bisa saja anggarannya sampai Rp 1,5 triliun," kata dia.

(ret)