Staf KPU Bintan Positif Covid-19, Syamsul: Debat Paslon Pilkada Jalan Terus

Staf KPU Bintan Positif Covid-19, Syamsul: Debat Paslon Pilkada Jalan Terus

Ilustrasi.

Bintan - Salah satu staf di KPU Bintan berinisial ER terkonfirmasi positif Covid-19. Dia adalah seorang perempuan berusia 30 tahun yang berdomisili di Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Kini perempuan yang ditetapkan sebagai pasien kasus ke-590 pada 6 November 2020 masih menjalani isolasi secara mandiri di rumahnya sendiri untuk penyembuhan.

Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Parmas, Syamsul membenarkan jika salah satu stafnya positif covid-19. Kini kondisi stafnya tersebut sehat-sehat saja dan masih di rumah.

"Alhamdulillah kondisi bersangkutan sehat. Namun kita sudah sampaikan ke bersangkutan agar tidak masuk kerja," ujar Syamsul, Jumat (13/11/2020) malam.

KPU Bintan, kata Syamsul, melakukan tes swab untuk memastikan agar para petugas penyelenggara pilkada nantinya bebas dari virus corona. 

Swab itu dilakukan sebanyak dua tahapan yaitu tahapan pertama pada Jumat (6/11/2020) dan tahapan kedua Rabu (11/11/2020).

Pada tahapan pertama diikuti 33 orang dan tahapan kedua diikuti 7 orang. Namun dari 33 orang yang tes swab hasil cek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) dinyatakan satu orang yang positif Covid-19.

"Jadi seluruh petugas di KPU sudah swab," katanya.

Ditanya apakah petugas yang satu ruangan dengan pasien positif Covid-19 sudah ditracing untuk kembali dites swab dan dicek PCR. 

Syamsul mengaku sudah meminta Sekretaris KPU Bintan untuk berkoordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

"Yang satu ruangan dengan bersangkutan bakal di swab lagi. Tapi saya belum dapat kepastiannya dari sekretariat kapan diswab lagi yang satu ruangan tersebut," jelasnya.

Meskipun ada satu staf yang positif, KPU Bintan tetap melaksanakan debat publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Bintan Pemilihan Serentak Lanjutan 2020 di Kawasan Pariwisata Lagoi tepatnya di The Anmon Resort Bintan hari ini, Sabtu (14/11/2020).

"Insyaallah, jadi bang jam 15.00 WIB," ucapnya.

(ary)