Tatib Rampung, Tanjungpinang Segera Punya Wakil Wali Kota

Tatib Rampung, Tanjungpinang Segera Punya Wakil Wali Kota

Ashadi Selayar. (Foto: Adi/batamnews)

Tanjungpinang - Kota Tanjungpinang segera memiliki Wakil Wali Kota. Jabatan tersebut lowong setelah Wali Kota Syahrul meninggal dunia dan Rahma kini menjabat Wali Kota definitif.

Dalam waktu dekat, pemilihan wakil wali kota segera digelar. Tata tertib pemilihan orang kedua di Tanjungpinang sudah diselesaikan legislatif.

Ashadi Selayar, ketua pansus DPRD Tanjungpinang mengatakan tatib tatib sudah rampung, dan saat ini pihaknya masih menunggu jawaban evaluasi dari Bagian Biro Hukum Provinsi Kepulauan.

Pansus akan menyerahkan tatib ke Pimpinan DPRD Tanjungpinang untuk disahkan, bila sudah mendapat jawaban dari Bagian Biro Hukum Provinsi Kepulauan.

"Sudah selesai, saat ini Pansus menunggu jawaban dari Bagian Biro Hukum Provinsi Kepulauan saja," kata Ashadi Selayar, Selasa (10/11/2020).

Ashadi menyebutkan, untuk paripurna pengesahan tatib itu tergantung Pimpinan DPRD Tanjungpinang. Yang jelas, katanya, tugas pansus itu hanya melakukan penyusunan.

"Itu wewenang pimpinan dan Banmus untuk menjadwalkan pengesahan," sebutnya.

Ia menuturkan, setelah tatib disahkan, maka DPRD Tanjungpinang akan menunjukkan Panitia Pemilihan. Kemudian Panitia Pemilihan akan melayangkan surat ke partai pengusung untuk mengajukan nama calon ke Wali Kota Tanjungpinang.

"Tinggal Wali Kota Tanjungpinang menyerahkan nama-nama calon ke DPRD Tanjungpinang untuk dilakukan pemilihan. Kalau tahapannya seperti itu," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, kandidat yang diusulkan partai pengusung terdapat dua nama yakni Partai Golkar mengajukan Ade Angga dan Partai Gerindra mengusung Endang Abdullah.
 

(adi)