3 TKA Asal Filipina di Kawasan Industri Lobam Positif Covid

3 TKA Asal Filipina di Kawasan Industri Lobam Positif Covid

Ilustrasi.

Bintan - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bintan mendapatkan adanya 4 penambahan pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bintan. Tiga diantaranya merupakan TKA Filipina dan seorang warga Kecamatan Toapaya.

Jubir Tim Gugas Bintan, dr Gama AF Isnaeni, menyebut mereka ditetapkan sebagai pasien kasus ke 218-221 di Kabupaten Bintan.

"Semalam, Rabu (4/11/2020) hasil PCR keempat orang itu keluar. Hasilnya positif covid-19," ujar Gama, Kamis (5/11/2020).

Pasien kasus ke 218 adalah warga RT 001/RW 001, Keluarahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya berinisial Ar. Pria berusia 52 tahun itu berkontak erat dengan pasien positif covid-19 asal Tanjungpinang. Namun tidak mengalami gejala gangguan kesehatan.

Pria itu tetap harus menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAL Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang. Kemudian pada 31 Oktober dan 1 November pihak medis melakukan pengambilan swab tenggorokan dan hidungnya bersangkutan.

"Hasil PCR bersangkutan positif. Sehingga pria yang ditetapkan sebagai pasien kasus ke 218 ini diisolasi di Gedung LPMP Kepri yang berada di Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Toapaya," jelasnya.

Sedangkan 3 WN Philipina yang bekerja di Kapal PT Singatac Kawasan Industri Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam juga ditetapkan sebagai pasien positif covid-19 pada Rabu (4/11/2020).

Mereka adalah pasien kasus ke 219 yaitu RPA seorang pria berusia 35 tahun. Lalu RMG seorang pria berusia 45 tahun ditetapkan sebagai pasien ke 220 dan BBG seorang pria berusia 43 tahun yang ditetapkan sebagai pasien kasus ke 221.

Belum diketahui penyebab mereka bisa tertular virus corona. Sebab mereka bertiga pernah keluar kemana-mana melainkan hanya berada di kapal sejak Mei 2020. Lalu dicek kesehatannya dan diambil swab tenggorokan dan hidung di Puskesmas Teluk Sasah pada 31 Oktober. Selanjutnya dilakukan ulang pengambilan swab di salah satu klinik yang berada di Kota Batam pada 1 November.

"Dari kedua tes PCR menyatakan bahwa 3 WNA ini positif covid-19. Kini mereka telah melakukan isolasi secara mandiri di Dormitory PT Singatec Lobam," ucapnya.

Dengan adanya penambahan ini maka jumlah komulatif pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bintan sampai saat ini sebanyak 221 orang. Dari total itu, 197 pasien diantaranya telah sembuh dan 5 meninggal dunia sehingga tinggal 19 orang lagi yang masih menjalani isolasi untuk penyembuhan.

"Termasuk penambahan ini, jumlah pasien positif yang sedang menjalani isolasi ada 19 orang lagi," sebut Gama.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews