Peringati Sumpah Pemuda, Pjs Gubernur Kepri Ajak Seluruh Komponen Bersatu Lawan Corona

Peringati Sumpah Pemuda, Pjs Gubernur Kepri Ajak Seluruh Komponen Bersatu Lawan Corona

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 yang digelar secara daring di Gedung Daerah, Tanjungpinang. (Foto: Sutana/batamnews)

Tanjungpinang - Hari Sumpah Pemuda ke-92 diperingati secara daring di Gedung Daerah, Tanjungpinang dan dipimpin langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Provinsi Kepri Bahtiar Baharuddin, Rabu (28/10/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Bahtiar mengatakan, makna Sumpah Pemuda sangat penting bagi bangsa Indonesia, sebab bisa mempersatukan seluruh komponen bangsa pada saat itu.

"Pada saat itu sebenarnya belum ada Negara Indonesia, namun semua komponen bangsa saat itu menyatakan satu bangsa yakni bangsa Indonesia," tutur Bahtiar.

Begitu juga pada saat itu semua komponen menyatakan bahwa bahasa persatuan yakni Bahasa Indonesia.

"Kita ketahui, bahasa persatuan itu beradal dari Bahasa Melayu dan itu dari Provinsi Kepri, ini menjadi kebanggaan bagi kita sebagai masyarakat Kepri," ujarnya.

Bersempena dengan 92 tahun Sumpah Pemuda ini, bangsa Indonesia seharusnya menjadi bangsa yang besar, tidak lagi mempermasalahkan lagi adanya perbedaan.

"Kita harusnya sudah dewasa, menyikapi hal ini. Dengan perbedaan justru harusnya memperkuat persatuan dan kesatuan," harapnya.

Dia juga mengingatkan, di masa saat ini di tengah pandemi Covid-19, semua komponen harus bersatu padu melawannya.

Dengan mengedepankan protokol kesehatan tambahnya, tidak membuat kerumunan, selalu menjaga keberishan dan bila yang mampu bagimana bisa membantu orang yang tidak mampu dengan memberi alat pelindung diri.

"Masyarakat yang mampu bisa berbagi APD seperti masker, hand sanitaizer dan lainnya. Jadilah di hari sumpah pemuda ini kita menjadi pahlawan kesehatan," harapnya.

Bahtiar juga mengingatkan kepada pihak keamanan, agar menindak tegas bagi siapa pun yang melanggar aturan dan keamanan.

"Jangan sampai ragu bila menindak yang bertentangan dengan hukum dan yang bertentangan dengan negara. Untuk pelanggar kesehatan juga jangan ragu untuk di tindak," tegasnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews