Debat Pertama Pilkada Karimun: Begini Respon Kedua Paslon

Debat Pertama Pilkada Karimun: Begini Respon Kedua Paslon

Kedua Paslon Pilkada Karimun mengikuti debat pertama Pilkada Karimun 2020 (Foto:Edo/Batamnews)

Karimun - Pelaksanaan debat pertama para kontestan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Karimun, yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, di Lantai 7 Hotel Aston Karimun, Minggu (25/10/2020) malam, berlangsung lancar.

Kegiatan tersebut dipandu moderator yang merupakan Rektor Universitas Karimun (UK), Apino Susanto. Masing-masing kandidat pada kesempatan itu diberikan waktu masing-masing 10 menit untuk menyampaikan visi-misi.

Kemudian, mereka diberikan durasi 3 menit untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan dari panelis seputar tema yang dibahas yakni, Kesejahteraan Masyarakat dan Penanganan Pandemi Covid-19.

Paslon nomor urut 1, Aunur Rafiq mengatakan, dalam proses debat putaran pertama itu, ia mengaku sangat siap dan bahkan dapat menguasai materi yang disampaikan.

“Pemaparan visi misi Alhamdulillah bisa kami sampaikan dengan jelas, memang waktunya agak singkat karena kita dibatasi dengan durasi, tapi semua bisa kami ikuti dengan baik. Bahkan terukur dan terarah dari segala aspek yang ditanyakan,” kata Aunur Rafiq.

Sementara itu, calon Bupati Karimun nomor urut 2, Iskandarsyah mengatakan, dalam debat publik yang digelar KPU Karimun, merupakan salah satu tahapan kampanye yang difasilitasi KPU dalam hal adu visi misi.

“Kita tetap siap mengikuti jalannya debat,” kata Iskandarsyah.

Sementara itu, Ketua KPU Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, dalam menyampaikan debat, masing-masing Paslon mensosialisasikan apa yang menjadi program kerja, serta visi dan misi masing-masing.

 

“Debat publik yang kita lakukan adalah salah satu bentuk kampanye yang di fasilitasi oleh KPU Kabupaten Karimun. Nantinya akan kita gelar debat terbuka putaran kedua dan putaran ketiga,” ucap Eko.

Melalui debat tersebut, para kandidat dapat mengambil kesempatan atau momentum untuk saling adu argumen dan adu gagasan.

“Kami juga berharap kepada seluruh pemilih di Kabupaten Karimun, agar debat publik ini dapat dijadikan salah satu referensi kita, untuk menentukan siapa pilihan kita nanti pada hari pencoblosan, Rabu 9 Desember mendatang,” ujar Eko.

Debat putaran kedua, akan digelar pada 8 November mendatang. KPU Kabupaten Karimun akan melakuken evaluasi terlebih dahulu, sehingga belum dapat memastikan apakah akan tetap menggandeng lima panelis yang telah dihadirkan pada putaran pertama.

“Kalau untuk lokasi saya pikir nanti putaran kedua akan tetap digelar disini, lantai 7 Hotel Aston Karimun,” ujar Eko.

Pada debat terbuka tersebut, panitia dalam hal ini KPU Kabupaten Karimun membatasi untuk tidak membawa massa, sehingga setiap pasangan calon hanya diperbolehkan membawa empat orang maksimal.

Untuk pasangan Aunur Rafiq Anwar Hasyim hanya membawa tiga orang, diantaranya Ketua tim pemenang ARAH Kabupaten Karimun, M Yusuf Sirat, Ketua Bapilu Kabupaten Karimun, Dedi dan Sekretaris DPD II Partai Golkar Kabupaten Karimun, Raja Rafiza.

Sementara pasangan Iskandarsyah dan Anwar Abubakar membawa empat orang, mereka merupakan pengurus partai pengusung, yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Karimun, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews