Ishak-Salmizi Punya 15 Program Unggulan, Mulai Pendidikan Gratis hingga Pemulihan Ekonomi

Ishak-Salmizi Punya 15 Program Unggulan, Mulai Pendidikan Gratis hingga Pemulihan Ekonomi

Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lingga, Ishak-Salmizi (Foto:Ist/Batamnews)

Lingga - Calon Bupati dan Wakil Bupati Lingga nomor urut 1, Muhammad Ishak-Salmizi (Ishak-Salmizi) memiliki 15 program unggulan. Hal ini disampaikan keduanya saat penyampaian visi-misi dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Lingga, Daik, Senin (26/10/2020).

Muhammad Ishak pada kesempatan itu mengungkapkan, ia dan pasangannya Salmizi memiliki visi untuk menjadikan Lingga Maju, Agamis dan Berbudaya. Maju dalam visi tersebut dimaksud yakni, mewujudkan kondisi daerah dimasa depan yang menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Sedangkan Agamis memiliki artian yakni mewujudkan kondisi daerah dan tatanan kehidupan masyarakat yang tidak terlepas pada pengamalan nilai-nilai agama dan berakhlak mulia," kata Ishak.

Kemudian Berbudaya sendiri merupakan suatu kondisi masyarakat yang tertanam dan terbinanya nilai-nilai luhur warisan Budaya Melayu sebagai payung dan pemersatu budaya lainnya, serta mendayagunakan secara maksimal warisan budaya dan sejarah untuk dapat dibangkitkan kembali sebagai kekuatan ekonomi baru.

"Kami memiliki 5 misi, yang pertama adalah pembangunan SDM yang agamis, berakhlak, maju dan mandiri dalam menghadapi persaingan global. Yang kedua, mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan," ujarnya.

Untuk misi yang ketiga, yakni peningkatan perekonomian berbasis sektor unggulan daerah secara optimal, peningkatan iklim investasi dan peningkatan taraf hidup masyarakat. Yang keempat, mengembangkan pusat kebudayaan Melayu.

 

"Misi kami yang kelima adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi informasi," sebutnya.

Sementara itu, Calon Wakilnya Salmizi di kesempatan sama mengungkapkan bahwa mereka berdua memiliki 15 program unggulan. Yang pertama adalah pelayanan pendidikan dasar gratis selama 9 tahun berbasis mutu dan pemberian beasiswa bagi anak yang berprestasi dan kurang mampu, serta fasilitas pembangunan perguruan tinggi.

"Kami akan melakukan peningkatan kualitas BOSDA, peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, pembangunan dan rehab rumah dinas guru dan penjaga sekolah, peningkatan sarana transfortasi anak sekolah, peningkatan kesejahteraan dan standarisasi SDM pengajar, serta penerapan kurikulum muatan lokal budaya daerah," jelas Salmizi.

Program unggulan kedua adalah penguatan jaminan sosial dan jaminan kesehatan masyarakat dan peningkatan kualitas serta sarana prasarana di bidang kesehatan. Turunan dari program ini adalah jaminan kesehatan gratis, bantuan biaya pendamping rujukan, serta rumah singgah.

"Untuk sarana prasarana di bidang kesehatan ini, kita upayakan pembangunan rumah sakit rujukan, peningkatan sarana dan prasarana rumah sakit dan puskesmas, pembangunan bank darah, serta pengadaan ambulance laut," sebutnya.

"Sedangkan untuk tenaga medis, kami akan melakukan peningkatan dan standarisasi SDM kesehatan, peningkatan kesejahteraan penyelenggara kesehatan, serta beasiswa dokter kesehatan," sambungnya.

 

Program ketiga yakni, percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur dasar dan pembangunan penunjang ekonomi masyarakat. Untuk infrastruktur penunjang ekonomi, membangun bandara perintis di Pulau Lingga, pembangunan terminal dan pasar Simpang Lima Lingga Timur, serta penataan kawasan pelabuhan Jagoh.

"Program unggulan selanjutnya adalah pengentasan kemiskinan, revitalisasi perkebunan sagu, diversifikasi produksi dan jaminan pemasaran, serta program ekstensifikasi dan intensifikasi tanaman perkebunan di Pulau Lingga, Pulau Singkep dan Pulau Sebangka," katanya.

Selain itu, program-program berikutnya adalah pembangunan melalui swakelola dan padat karya, program daerah pemberdayaan Lingga Mandiri, Program Wakaf Produktif, Program Santripreneur dan bantuan permodalan usaha dan pendampingan.

Mempercepat pemulihan ekonomi melalui optimalisasi pengelolaan sektor unggulan daerah, seperti pertanian, perikanan dan pariwisata. Pemantapan pembangunan masyarakat di bidang keagamaan, menyiapkan masterplan dan pengembangan di Pulau Sebangka serta peningkatan sarana transportasi menuju dan dari Pulau Senayang serta pulau-pulau lainnya.

Menjadikan Kabupaten Lingga sebagai pusat budaya, peningkatan air bersih, optimalisasi PAD, peningkatan konektivitas juga menjadi program-program unggulan Ishak-Salmizi.

"Program kami yang terakhir adalah peningkatan realisasi investasi. Diantaranya kemudahan pelayanan perizinan, serta pemberian insentif," pungkas Salmizi mengakhiri penyampaian visi dan misi serta program unggulan masing-masing Paslon di Gedung DPRD Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews