14 Orang Kontak Erat dengan Anggota DPRD Lingga Positif Corona Isolasi Mandiri

Ilustrasi (Foto: Batamnews)

Lingga - Seorang Anggota DPRD Lingga, Tn. TN (57) dan istrinya Ny. SY (55) terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19), Sabtu (17/10/2020). Namun, keduanya telah melakukan isolasi mandiri di rumah karantina sementara Kabupaten Lingga, yakni Pagoda Dabo Singkep.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, Wirawan Trisna Putra mengatakan, Tim Surveilans Puskesmas Dabo Lama dan Dinas Kesehatan telah melakukan tracking sebagai upaya untuk menemukan orang-orang yang kontak erat dengan pasien 04 dan 05 itu.

"Kontak erat pasien konfirmasi positif Covid-19 ini sebanyak 14 orang. Pada hari ini, seluruh kontak erat telah dilakukan pengambilan Swab H-1 tes RT-PCR. Saat ini mereka isolasi mandiri di rumah masing-masing," kata dia kepada Batamnews, Senin (19/10/2020) malam.

Wirawan pun mengimbau agar warga Kabupaten Lingga dapat menghubungi petugas kesehatan atau Pemda setempat jika merasa melakukan kontak erat dengan pasien konfirmasi positif, suspek dan probable Covid-19 dalam 14 hari terakhir.

Baca: Seorang Anggota DPRD Lingga Positif Corona

"Segera cek kesehatan apabila timbul gejala Covid-19. Keterbukaan informasi Anda dapat membantu memutus mata rantai penularan Covid-19," ujarnya.

Peningkatan kasus harian di wilayah Kota Batam, Bintan dan Tanjungpinang, perlu menjadi perhatian para pelaku perjalanan berisiko, dengan cara selalu menggunakan masker, jaga jarak, serta cuci tangan pakai sabun. Selain itu juga perhatikan kondisi kesehatan tubuh selama melakukan perjalanan.

"Secara bertahap Pemkab Lingga akan melakukan kegiatan screening pada pintu masuk pelaku perjalanan dari wilayah transmisi lokal di pelabuhan dan bandara domestik, sebagai upaya tracking secara luas untuk menemukan kasus kontak erat, suspek atau probable Covid-19," jelas Wirawan.

Dengan demikian, ia meminta agar masyarakat Kabupaten Lingga waspada terhadap kluster keluarga, kluster pilkada dan perkantoran. Masyarakat Lingga tetap harus menerapkan protokol kesehatan, peningkatan kewaspadaan dan kesadaran disiplin secara terus menerus.

(ruz)