Pasien Covid ke-4 di Bintan yang Meninggal Sempat Nyeri Otot dan Diare

Pasien Covid ke-4 di Bintan yang Meninggal Sempat Nyeri Otot dan Diare

Ilustrasi.

Bintan - Pasien terkonfirmasi positif covid-19 kasus ke 197 di Kabupaten Bintan meninggal dunia. Identitasnya ES, seorang laki-laki berusia 60 tahun yang berdomisili di Jalan Sahabat Kampung Budi Mulya Kelurahan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan, dr Gama AF Isnaeni, membenarkan adanya pasien covid-19 yang meninggal dunia. Bersangkutan meninggal saat dalam perawatan di RSUD Bintan, Kijang Kota.

"Bersangkutan meninggal dunia, Sabtu (17/10/2020) kemarin di RSUD Bintan. Lalu dimakamkan hari itu juga di TPU Batu 25 Kijang Kota," ujar Gama, Senin (19/10/2020).

Dari hasil penyelidikan epidemilogi, bersangkutan sempat mengalami sakit dengan gegala batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, lemah, nyeri otot, dan diare pada Jumat (9/10/2020).

Lalu bersangkutan menjalani perawatan di RSUD Bintan. Disana pihak medis mengambil swab tenggorokan dan hidung bersangkutan lalu dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

"PCR tahap pertamanya keluar Kamis (15/10/2020). Hasilnya adalah positif covid-19," jelasnya.

Mendapati bersangkutan positif covid-19 pihak medis lalu melakukan isolasi terhadap pasien kasus ke 197 ini. Lalu kembali mengambil sampel swabnya untuk diujui PCR tahap kedua dan ketiga.

Untuk PCR tahap kedua, kata Gama, hasilnya negatif covid-19. Namun hasil PCR tahap ketiga kembali lagi positif.

"Beberapa hari mendapatkan penanganan medis di rumah sakit. Bersangkutan kemudian meninggal dunia dan dimakamkan secara SOP protokol kesehatan penanganan covid-19," katanya.

Hingga kini jumlah pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Bintan sudah 4 orang. Diantaranya dari Bintan Timur sebanyak 2 orang dan Bintan Utara juga 2 orang.

Sedangkan jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif covid-19 tembus 197 orang. Dari total itu, 186 orang dinyatakan sembuh sehingga pasien yang masih berstatus positif covid-19 tinggal 7 orang.

"Kita imbau kepada warga di Kabupaten Bintan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan lakukan 4 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan," ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews