Wow, Wisman di Pelabuhan Bintan Sudah Kalahkan Batam

Wow, Wisman di Pelabuhan Bintan Sudah Kalahkan Batam

Salah satu event pariwisata di Bintan, belum lama ini. (foto: ist/republika)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kepulauan Riau meningkat di bulan September 2015 pada minggu kedua. Peningkatan ini imbas dari pemberlakuan Bebas Visa Kunjungan Wisatawan.

Pada minggu pertama bulan September tercatat 2.184 orang dan kemudian meningkat pada minggu kedua sebesar 9.613 orang berdasarkan data dari Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Kepulauan Riau.

"Laporan (kunjungan wisman) dari Kepulauan Riau sangat bagus tentang visa free (bebas visa). Pelabuhan yang di Bintan sudah mengalahkan pelabuhan tradisional kita di Batam," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam paparan "Orientasi Jurnalis Pariwisata" di Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (17/9/2015) dilansir kompas travel.

Menpar menyebutkan jumlah wisatawan mancanegara yang tercatat melalui TPI Pelabuhan Laut Batam Centre, Pelabuhan Sekupang, dan Pelabuhan Laut Bandar Bentan Telani. Untuk Pelabuhan Laut Batam Centre pada minggu kedua baru mencapai angka 2.000 orang, Pelabuhan Sekupang di angka 1.000 orang, dan Pelabuhan Laut Batam Centre di angka 4.000 orang.

"Tiba-tiba (wisatawan mancanegara yang masuk melalui) di Bintan sudah mencapai 4.000 orang lebih. Jauh melebihi dari Batam dan Sekupang," ujarnya.
 
Tempat Pemeriksaan Imigrasi yang bisa memberikan bebas visa kunjungan kepada orang asing adalah Bandara Soekarno Hatta (Jakarta), Ngurah Rai (Bali), Kualanamu (Medan), Juanda (Surabaya), Hang Nadim (Batam), Pelabuhan Laut Sri Bintan Pura, Pelabuhan Laut Sekupang, Pelabuhan Laut Batam Centre, dan Pelabuhan Laut Tanjung Uban (Riau).

(ind/bbs)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews