Tatap Piala Dunia U-20, Stadion di Bandung Ini Akan Dipasang VAR

Tatap Piala Dunia U-20, Stadion di Bandung Ini Akan Dipasang VAR

PSSI menunjuk kandang Persib Bandung, yakni Stadion Si Jalak Harupat (SJH), sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021 (Foto:ist/Antara)

Bandung - Menjelang perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia, sejumlah stadion mulai mempersiapkan diri. Stadion Si Jalak Harupat (SJH) terus melakukan perbaikan.

Kesiapan SJH disebutkan sudah mencapai 80 persen. Masih tersisa beberapa infrastruktur yang belum diselesaikan di tahun 2020. Dan, ada beberapa perbaikan yang akan dilakukan di tahun 2021.

"Persiapan untuk Piala Dunia U-20 dari sisi infrastruktur kita sudah siap sekitar 80 persen sebagian kekurangannya akan kita laksanakan di tahun 2020," ujar Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bandung Marlan, Jumat (16/10/2020).

Marlan menambahkan, beberapa infrastruktur yang perlu dilakukan perbaikan di tahun 2020, di antaranya lampu, sound sistem, kursi dan juga perbaikan di sekitaran stadion termasuk jalan.

Untuk tahun 2020 ini, Pemkab Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 27 miliar. Angka tersebut sesuai dengan apa yang diamanatkan dalam Inpres nomor 8 tahun 2020.

"Seperti penambahan fasilitas lampu, sound system, perbaikan kursi, kemudian juga perbaikan kawasan infrastruktur (di luar SJH) karena ada penebalan hotmik dan juga perbaikan jalan dengan sistem beton," jelas Marlan.

"Memang ini menjadi amanat Inpres (Instruksi Presiden) Nomor 8 Tahun 2020 kita sudah menganggarkan Rp 27 miliar yang terbagi oleh Dinas Olahraga, PUPR dan juga dari Dinas Perkintan untuk membuat landscape (taman) di sekitar Si Jalak Harupat," tambahnya.

 

Kemudian, di tahun 2021, beberapa infrastruktur digital akan disiapkan. Bahkan, nantinya, SJH akan dilengkapi dengan video assistant referee atau dikenal VAR yang sudah digunakan di beberapa negara yang besar akan sepakbolanya.

"Kita akan menambah digital IT, pertama untuk video tron, perimeter untuk iklan dan juga video assistant referee (VAR) itu juga menjadi kewajiban yang harus kita laksanakan di 2021. Termasuk perbaikan lintasan menjadi sintesis itu di 2021 akan kita laksanakan," terangnya.

Saat ini, pihak Pemkab Bandung bersama DPRD masih membahas anggaran untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Mereka telah merencanakan anggaran sebesar Rp 109 miliar.

"Nanti di 2021, saat ini masih dibahas di DPRD, mudah-mudahan kita telah merencanakan anggaran Rp 109 miliar untuk anggaran penyelenggaraan (Piala Dunia U 20)," paparnya.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews