Indonesia-Singapura Sepakat Buka Perjalanan Kedinasan dan Bisnis

Indonesia-Singapura Sepakat Buka Perjalanan Kedinasan dan Bisnis

Patung Merlion, landmark Singapura.

Singapura - Singapura dan Indonesia bersepakat untuk membuka jalur hijau timbal balik (RGL) yang memungkinkan perjalanan lintas batas untuk keperluan bisnis dan resmi penting antara kedua negara.

Aplikasi untuk RGL akan dibuka pada 26 Oktober dan perjalanan akan dimulai segera setelah itu, kata Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) pada Senin (12 Oktober).

Kesepakatan itu datang kurang dari dua bulan setelah MFA mengatakan pada 25 Agustus bahwa Singapura dan Indonesia berencana untuk memulai pembicaraan untuk jalur hijau timbal balik.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan dalam sebuah wawancara eksklusif pekan lalu bahwa kedua negara sedang dalam tahap akhir negosiasi untuk jalur hijau, dan bahwa persiapan sedang dilakukan di lapangan untuk memfasilitasi kedatangan.

MFA mengatakan pada hari Senin bahwa Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan dan Mdm Marsudi telah menegaskan kembali "hubungan yang sangat baik dan lama" antara Singapura dan Indonesia dalam percakapan telepon.

Mereka juga mengenang diskusi pada Agustus tahun ini tentang pentingnya memperkuat kerja sama yang saling menguntungkan dalam mengatasi tantangan bersama yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19.

Ini termasuk dimulainya kembali perjalanan penting sambil menjaga kesehatan dan keselamatan publik di kedua negara.

“Dalam konteks ini, para menteri menyambut baik kesimpulan negosiasi," kata MFA dikutip Batamnews dari Channel News Asia, Senin (12/10/2020).

Baik WNI maupun warga negara Singapura dan warga negara yang berhak atas RGL, disebut juga oleh Indonesia sebagai travel corridor arrangement (TCA), kata MFA.

Wisatawan harus mematuhi pencegahan COVID-19 dan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang disepakati bersama oleh kedua negara, termasuk tes usap polymerase chain reaction (PCR) pra-keberangkatan dan pasca-kedatangan dari institusi kesehatan yang diakui bersama.

Rincian operasional tentang RGL, termasuk persyaratan prosedural, protokol kesehatan, dan proses aplikasi akan diumumkan pada waktunya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews