https://www.batamnews.co.id

Kelurahan Daik di Lingga Bakal Dimekarkan Jadi Kelurahan Baru

Ketua Tim Pemekaran Kelurahan Daik, Kasmadi (Foto:dok.ist)

Lingga - Kelurahan Daik, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, saat ini tengah bersiap menuju pemekaran. Bahkan, tim pemekaran kelurahan tersebut juga telah terbentuk.

Ketua tim, Kasmadi mengatakan, wacana pemekaran Kelurahan Daik merupakan sebuah aspirasi dari masyarakat setempat. Kata dia, Kelurahan Daik bakal dimekar lagi menjadi satu kelurahan baru.

Artinya, di Ibu Kota Kabupaten Lingga tersebut bakal terdapat dua kelurahan. Pemekaran ini juga kata Kasmadi dilakukan memandang luasnya wilayah Kelurahan Daik, serta jumlah penduduknya yang sudah memadai untuk dimekarkan menjadi kelurahan baru.

"Ini juga demi mempercepat pembangunan dan rentang kendali urusan kepentingan masyarakat. Luas wilayah Kelurahan Daik ini kurang lebih 4.990 hektare (Ha)," ucap Kasmadi kepada Batamnews, Senin (12/10/2020).

Ia menjelaskan, saat ini nama kelurahan pemekaran dari Kelurahan Daik itu baru ada satu nama. Nama tersebut yakni, Kelurahan Daik Madani.

Tapi lanjutnya, untuk kepastian nama kelurahan pemekaran tersebut, nanti akan diputuskan lagi saat rapat besar bersama Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) serta tim ahli.

"Sekarang prosesnya kita menunggu rapat akhir bersama Bagian Tapem, tim dari provinsi, serta tim ahli yang dipakai Pemkab Lingga. Nanti selanjutnya akan diteruskan ke DPRD, Pemprov Kepri, serta pemerintah pusat," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, adapun nantinya wilayah yang bakal dijadikan sebagai kelurahan baru pemekaran dari Kelurahan Daik itu yakni, Melukap Darat dan Laut, Kampung Gelam, Kampung Mentok yang dibatasi sungai, hingga ke Kampung Pahang, Sepincan, dan Mading yang berbatasan langsung dengan Desa Panggak Darat.

(ruz)