Pjs Wako Syamsul Bahrum dan Rumah Sakit se-Batam Komitmen Tangani Covid-19

Pjs Wako Syamsul Bahrum dan Rumah Sakit se-Batam Komitmen Tangani Covid-19

Pjs Wako Batam bersama 23 Direktur rumah sakit se-Kota Batam saat rapat bersama membahas penanganan Covid-19 (Foto: istimewa)

Batam - Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam, Syamsul Bahrum bersama 23 Direktur Rumah Sakit se-Kota Batam, serta Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam dan Kepulauan Riau (Kepri), membangun komitmen bersama untuk menangani persoalan virus Corona (Covid-19).

Komitmen bersama ini disebutkan Syamsul bersifat klinis medis maupun sosial. Ia mengatakan, persoalan Covid-19 ini lebih banyak dari hulu ke hilir, tetapi lebih banyak di titik hulu karena penanganan preventif dan koperatif.

"Di tingkat kesehatan baik klinis medis maupun sosial," ujar Syamsul usai rapat koordinasi secara tertutup bersama Tim Medis dan Perwakilan Rumah Sakit di Lantai IV Gedung Pemko Batam, Jumat (2/10/2020).

Setelah menandatangani komitmen ini, Syamsul mengarahkan masing-masing rumah sakit segera mengajukan berapa kebutuhan mereka dalam penanganan Covid-19. Sekaligus memetakan kondisi real antisipasi.

"Kami segera menyurati Gubernur hasil pertemuan ini. Begitu Rumah sakit menyampaikan laporan kondisinya masing-masing, sehingga Pak Bisri (Kadinkes Provinsi) bisa memetakan kebutuhan medis di Batam," kata dia.

Syamsul mengaku dalam rapat tersebut, pihak rumah sakit mengeluhkan kondisi mereka terkait penanganan Covid-19 ini. Seperti pembayaran medis dan klaim.

"Saya sampaikan ke rumah sakit apa pun klaim-klaim yang belum dibayarkan, langsung sampaikan ke tim Covid-19. Biar mereka yang mempercepat segala administratif," ucapnya.

Adapun isi `Surat Pernyataan Komitmen Bersama` itu yakni, pada hari ini, Jumat (2/10/2020) bertempat di Kantor Wali Kota Batam, Pemerintah Kota Batam bersama Gabungan Pimpinan Rumah Sakit se-Kota Batam dan instansi terkait menyampaikan komitmen bersama sebagai berikut:

1. Memperkuat komitmen bersama untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan penularan Covid-19 di Kota Batam.

2. Mengoptimalkan pelayanan terhadap semua pasien Covid-19 yang dirawat pada semua fasilitas kesehatan dan atau tempat penanganan Covid-19 yang telah ditetapkan di Kota Batam.

3. Meningkatkan koordinasi dan kerjasama dengan tim satgas Covid di semua tingkatan. Dalam rangka memaksimalkan pencegahan, penanganan dan penanggulangan penularan Covid-19 di Kota Batam.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews