Kesiapan dan Tanggap Darurat Tim Pemadam Kebakaran

Kesiapan dan Tanggap Darurat Tim Pemadam Kebakaran

Tim PBK BP Batam (Foto:Batamnews)

Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam selain fokus pada investasi juga fokus menjaga keselamatan aset investasi, dengan adanya unit Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK).

PBK BP Batam merupakan unit yang bertugas melaksanakan penyelamatan pada saat terjadi kebakaran pada bangunan yang menimbulkan korban, dan meminimalisir kerugian akibat kebakaran.

Tim PBK BP Batam dituntut bergerak cepat begitu memperoleh aduan kebakaran, agar kerugian yang disebabkan oleh kebakaran tersebut bisa diminimalisir.

Anggota pemadam akan berangkat ke daerah kebakaran, dengan target tidak lebih dari 15 menit untuk resting time, sehingga meminimalisir kerugian.

"Dalam menjalankan tugas, PBK BP Batam wajib mempunyai keyakinan lebih terhadap keselamatan, kesehatan dan kesiapan mereka sebagai pemadam. Dengan begitu mereka siap menyelamatkan korban dan menimilasiri kerugian dari aset yang dimilikinya," kata Kasubdit Mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran, Barlian Untoro.

Selain melakukan pemadaman kebakaran, PBK BP Batam juga bertugas melaksanakan penyelamatan seperti pada ketinggian, water rescue, animal rescue serta pencarian korban yang tertimbun reruntuhan bangunan (CSSR: Collapse Structure Search Rescue) dan RTA (Road traffic Accident) kecelakaan di jalan raya.

"Kami juga memiliki tugas untuk memberikan edukasi tentang kebakaran. Seperti langkah pengamanan diri saat terjadi kebakar di gedung maupun edukasi kepada pelajar proses pemadaman api," ujar Barlian.

PBK BP Batam memiliki beberapa POS untuk mendukung pergerakan tim pemadam dalam menjangkau lokasi kebakaran.

Diantaranya Markas Besar (Mabes) Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK) BP Batam Duriangkang, Pos PBK BP Batam Wilayah Nongsa, Pos PBK BP Batam Wilayah Kabil, Pos PBK BP Batam Wilayah Batu Ampar, Pos PBK BP Batam Wilayah Sagulung, Pos PBK BP Batam WilayahSekupang, Pos PBK BP Batam Wilayah Bida Batam Center.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews