Pengembangan fasilitas Vokasi IT Academy di Batam

Pengembangan fasilitas Vokasi IT Academy di Batam

Nongsa Digital Park yang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh pemerintah pusat. (Foto: Batamnews)

Batam - Kebutuhan tenaga professional di bidang teknologi informasi di Batam semakin tinggi. Namun sumber daya manusia dari putra daerah dibidang tersebut masih minim.

Melihat tingginya angka kebutuhan itu, Badan Pengusahaan (BP) Batam terus mengembangkan diri di bidang pendidikan tersebut. Salah satunya melalui training center layanan Batam Information Technology (BIT) yang dikelola oleh divisi Strategic Business Unit (SBU) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) BP Batam.

BIT merupakan bentuk pengusahaan layanan IT yang disediakan oleh BP Batam bagi masyarakat dan instansi pemerintah maupun swasta, salah satunya pelatihan IT.

Training Centre BP Batam adalah fasilitas TI (Teknologi Informasi) dengan teknologi tinggi yang dikembangkan oleh BP Batam sebagai bagian dari proyek e-Government yang dimulai pada Desember 2007. Training Centre BP Batam juga merupakan inovasi bisnis TI dan wahana profesional TI yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan manajemen dan teknis

Area training centre BP Batam dilengkapi fasilitas bermutu dengan layanan yang optimal untuk memenuhi kepuasan pelatihan. Tenaga instruktur training centre BP Batam bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesional (BNSP) dari Partner/IT Principle yang diakui secara Internasional dan telah berpengalaman pada bidangnya selama bertahun- tahun.

Selain di BP Batam, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park (NDP) sebagai kawasan industri digital selama bertahun-tahun,  juga akan membangun vokasi digital yang dikelola oleh Infinity Learning bekerjasama dengan Apple Development Academy.

Sulitnya mencari putra daerah yang berkompeten dibidang Information Technology (IT) serta minimnya lulusan perguruan tinggi Batam dibidang tersebut, membuat pengelola KEK NDP, PT Tamarin, bertekad mendirikan vokasi tersebut.

Bangunan Vokasi IT di KEK NDP sudah dibangun dan berencana akan menambah bangunan tahun ini. Sedangkan pembukaan siswa di vokasi IT akan dimulai pada 2021.

KEK NDP memiliki dua perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, yang pertama Nongsa Digital park yang bergerak dalam teknologi I, dan mengelola ratusan web developer perusahaan, serta infinity studio yang bergerak dibidang produksi animasi.

Untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam produksinya, mereka harus mendatangkan tenaga professional dari daerah lain di Indonesia.

Sebelum dibangun okasi IT, NDP sebelumnya juga telah memberikan pelatihan kerja kepada putra daerah baik dalam bidang IT maupun animasi. Namun Jumlah peserta juga masih belum memenuhi SDM yang dibutuhkan.

(ADV)