Mulai September Ini, Urus Pajak dan SIM Bisa Secara Online

Mulai September Ini, Urus Pajak dan SIM Bisa Secara Online

Ilustrasi SIM. (Foto: IST)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kepulauan Riau segera meluncurkan program pengurusan pajak kendaraan bermotor atau "Samsat Link" dan perpanjangan SIM Online pada akhir September untuk mempermudah layanan bagi masyarakat.

"Untuk Samsat Link akan diluncurkan 22 September, sementara perpanjangan SIM online pada 23 September," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kepri Kombes Pol Tantan Sulistyana di Batam.

Samsat Link merupakan sistem pembayaran perpanjangan pajak kendaraan bermotor yang akan diluncurkan di Samsat pusat Graha Kepri Batam.

Dengan program tersebut, pemilik kendaraan dari luar Batam yang masuk wilayah Provinsi Kepri bisa membayar perpanjangan kendaraan bermotor mereka di Samsat Graha Kepri hanya dengan membawa STNK dan KTP pemilik.

"Jadi pembayaran tidak hanya bisa dilakukan pada lokasi kendaraan terdaftar. Untuk perpanjangan dari daerah manapun di Kepri bisa dilakukan di Batam. Namun untuk balik nama masih harus mengikuti prosedur seperti biasa," kata dia.

Program perpanjangan SIM Online, kata dia, merupakan program pelayanan SIM yang memungkinkan pemilik dari luar Batam bahkan dari 47 satpras wilayah di Indonesia bisa melakukan perpanjangan bukan pada lokasi pembuatan asal sesuai KTP.

"Nantinya perpanjangan bisa dilakukan pada 47 lokasi yang sudah ditetapkan itu. Untuk Kepri, lokasi pelayanan yang ditunjuk adalah pelayanan SIM di Polresta Barelang. Untuk daerah lain belum ada pelayanan tersebut," kata Tantan.

Program tersebut memungkinkan setelah Korlantas Mabes Polri sudah mendapatkan data pemilik SIM dari 47 daerah di Indonesia.

"Jadi ketika pengajuan perpanjangan tidak dilakukan pada daerah pembuatan, datanya bisa diambil dipusat data Korlantas Mabes Polri. Jika cocok maka hanya butuh 10 menit untuk mencetaknya," kata dia.

Tujuan dua program tersebut, kata dia, untuk memudahkan pemilik kendaraan untuk melakukan perpanjangan, demikian juga untuk pemilik SIM.

"Untuk pelayanan SIM Online, secara resmi akan diluncurkan Oktober mendatang oleh Presiden RI Jokowi. Namun mulai 23 September ini sudah bisa dilayani," kata Tantan.

sumber: antara

 

[snw]


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews