Angka Kematian Akibat Corona Secara Global Lampaui 1 Juta

Angka Kematian Akibat Corona Secara Global Lampaui 1 Juta

Ilustrasi.

Paris - Jumlah kematian global akibat virus corona, yang muncul kurang dari setahun yang lalu di China dan telah melanda seluruh dunia, melampaui 1 juta pada Senin (28/9/2020).

Pandemi telah merusak ekonomi global, mengobarkan ketegangan geopolitik dan membalikan kehidupan, dari daerah kumuh India dan hutan Brasil hingga kota terbesar di Amerika, New York.

Olahraga dunia, hiburan langsung, dan perjalanan internasional terhenti karena penggemar, penonton, dan turis dipaksa untuk tinggal di rumah

Pengendalian drastis yang menempatkan separuh umat manusia - lebih dari 4 miliar orang - di bawah beberapa bentuk lockdown pada bulan April pada awalnya memperlambat langkahnya, tetapi karena pembatasan dikurangi, kasus-kasus telah melonjak lagi.

Pada hari Minggu pukul 10.30 malam GMT (Senin pagi, waktu Indonesia) penyakit itu telah merenggut 1.000.009 korban dari 33.018.877 infeksi yang tercatat, menurut penghitungan AFP menggunakan sumber resmi.

Amerika Serikat memiliki jumlah kematian tertinggi dengan lebih dari 200.000, diikuti oleh Brasil, India, Meksiko, dan Inggris.

(gea)